oleh

Zona Merah, Desa Karya Makmur Segera Diterapkan PPKM Mikro

Direncanakan 4 Sekolah Sebagai Tempat PPKM Mikro

“Sholat Idul Fitri Di 2 Lapangan Bola”

PEMALI, BNBABEL.COM -( 7/5 ) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM Mikro) dipastikan akan segera dilaksanakan di Desa Karya Makmur, Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka.

Menyandang konfirmasi berstatus sebagai salah satu Desa yang di tetapkan sebagai zona merah penularan covid-19, pemerintah Kabupaten Bangka bersama Pemerintah Desa, Polsek Pemali dan seluruh element instansi dan mayarakat berkepentingan telah mensepakati dilaksanakannya PPKM mikro melalui Rapat Koordinasi pada ( 06 /05) , bertempat di Balai Desa Karya Makmur, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, yang bertujuan untuk percepatan penanganan Covid-19 khususnya menjelang Idul Fitri 1442 H.

Dalam rapat koordinasi PPKM mikro dihadiri Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra, Kapolsek Pemali Iptu Joniarto, SH, Perwakilan Puskesmas Pemali dr. Hafiz, Kades Karya Makmur Yusni Tamrin, Ketua BPD Karya Makmur Agus Rifani, PS. Kanit Binmas Polsek Pemali Aipda Birman Nadi, Bhabinkamtibmas Bripka Alek Sander, Perwakilan Sekolah yang ada di Desa Karya Makmur, Tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Desa Karya Makmur.

Kepala Desa Karya Makmur Yusni Tamrin membuka acara mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir khususnya pihak sekolah yang akan di jadikan tempat PPKM Mikro guna menekan penyebaran Covid 19 di Desa Karya makmur.

” Terimakasih kepada undangan yang telah hadir dalam kegiatan rapat koordinasi PPKM di Desa Karya Makmur, Rapat koordinasi ini dalam rangka menindaklanjuti hasil rapat koordinasi PPKM di Puskesmas Pemali yang lalu. Sengaja kami mengundang perwakilan sekolah yang ada di Desa Karya Makmur karena berkaitan dengan rencana tempat karantina. Semoga rapat koordinasi PPKM ini memperoleh hasil yang baik, sehingga penyebaran Covid-19 di Desa Karya Makmur dapat segera di tekan” , Ujar Khusni.

Juru Bicara Satgas Covid – 19 Bangka Boy Yandra dalam rapat menegaskan bahwa Desa yang terkonfirmasi memiliki 5 orang masyarakat positif Covid – 19 harus segera dilaksanakan PPKM mikro sesuai edaran terbaru pemerintah pusat.

” Terimakasih kepada Kepala Desa Karya Makmur yang telah mengundang kami dan telah menindaklanjuti hasil rapat koordinasi di Puskesmas Pemali yang lalu. Untuk wilayah Kecamatan Pemali penyebaran Covid 19 tertinggi adalah Desa Air Ruai dan Karya Makmur.
Ada edaran terbaru dari pusat bahwa desa yang masyarakatnya terkonfirmasi Covid-19 lebih dari 5 orang harus diberlakukan PPKM Mikro” , Tegas Boy Yandra.

” Untuk fasilitas dalam PPKM ditanggung oleh pemerintah, karena sudah ada anggarannya.
Rumah sakit hanya menampung pasien yang bergejala, sehingga PPKM Mikro ini sangat penting untuk pasien yang tidak bergejala, karena saat ini tempat karantina sudah penuh.
Dengan adanya PPKM Mikro diharapkan kasus Covid-19 segera berkurang.
Mari kita patuhi Protokol Kesehatan Covid-19, agar kita terhindar dari penularan Covid-19″ Jelas Bor Yandra.

Kapolsek Pemali Iptu Joniarto, SH yang turut hadir dalam rapat mengatakan pihaknya telah siap mendukung PPKM Mikro khususnya menghadapi perayaan Idul Fitri 1442 H.

” Kami dari Polsek Pemali mendukung program pemerintah mulai dari pusat sampai di desa.
Kasus Covid-19 di wilayah Pemali semakin bertambah, oleh karena itu mari kita bekerjasama untuk menekan dan menangani Covid 19 ini. Mari kita tetap mematuhi protokol kesehatan, khususnya pada saat pelaksanaan ibadah sholat Idul Fitri, apakah dilaksanakan di Masjid atau di lapangan.
Polsek Pemali mendukung dan siap membantu Desa Karya Makmur dalam menerapkan PPKM” , Ujar orang nomor 1 di Polsek Pemali.

Berjalannya PPKM Mikro akan melibatkan Satgas dan RT untuk mengawasi warga yang terkonfirmasi Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah. Sejauh ini ada 19 orang dan pihak terkait akan segera Mengajukan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka untuk menetapkan PPKM Mikro di Desa Karya Makmur.

Adapun Tempat PPKM mikro yang direncanakan adalah TK Aisyah, TPA Darul Ulum dan SDN 9, Karya Makmur.

Untuk mencegah penularan menghadapai Idul Fitri maka pihak terkait menerapkan Ibadah Sholat Idul Fitri hanya akan dilaksanakan di Lapangan Bola Perumnas dan Lapangan Bola Jl. Mentawai.

Dikonfirmasi terpisah ( 7/5 ) mengenai kesiapan pelaksana PPKM mikro kepada Kapolsek Pemali Iptu. Joniarto, SH mengatakan bahwa pihaknya telah menjalankan Patroli Kijang Covid-19 yang terkoordinasi dengan aparatur, Satgas Covid -19 desa, dengan peran aktif pemantauan oleh Babinkamtibmas.

” Polri khususnya Polsek Pemali siap berperan aktif pembentukan PPKM Desa Karya Makmur.
Saat ini Polsek pemali melakukan himbauan melalui Patroli kijang covid-19 yang dilaksanakan pagi dan sore hari.
Berkordinasi dengan perangkat desa dan tokoh agama pelaksanaan sholat idul fitri dilaksanakan di lahan kosong/lapangan bola guna memutus rantai penyebaran covid-19 Mengedepankan personil Babinkamtibmas untuk monitoring dan mendata warganya yang terkonfirmasi virus corona serta lokasi rumah warga yang isolasi mandiri dirumah dengan berkordinasi dengan perangkat pemerintah Desa” Jelas Iptu, Joniarto.

Penulis : Ir

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *