oleh

Zhurong, Wahana Penjelajah Milik China Berhasil Mendarat Di Mars. NASA khawatirkan Penjelajahan Yang Terus Berlanjut !

IDN,BNBABABEL.COM – ( 30/5) China menjadi satu – satunya pencetak sejarah sebagai negara ketiga setelah Amerika dan Rusia yang mampu mendaratkan penjelajah dengan aman di permukaan mars

Negara tersebut telah melaporkan kesuksesan sebuah wahana penjelajah Planet Mars yang dinamai ” Zhurong”, Zhurong adalah bagian dari misi Tianwen-1 yang mengorbit Mars sejak Februari lalu.

Pengorbit itu meluncurkan kapsul ber pelindung ke permukaan Mars pada Jumat (14/5/2021) sore.

Tidak seperti pendahulunya NASA, wahana Zhurong langsung memancarkan kembali sinyal penjelajahan ke Bumi dari pesawat luar angkasa untuk memahami bagaimana misi itu berjalan.

China mengkonfirmasi pendaratan berhasil dilakukan pada 14 Mei pukul 17.38 PT atau pukul 7.38 WIB pada 15 Mei.

Zhurong tepatnya mendarat di Utopia Planitia, salah satu kawah tubrukan terbesar di Mars. Lokasi tersebut juga merupakan area yang sama ketika misi Viking 2 milik NASA mendarat pada 1976.

Utopia Planitia diperkirakan menjadi lokasi penyimpanan es di bawah permukaan planet dan mungkin pernah tertutup oleh lautan Mars.Para ahli menduga sangat kuat, jika Mars purba memiliki air untuk mendukung kehidupan.

Sama seperti penjelajah Perseverance NASA, Zhurong juga akan menjelajahi wilayah tersebut dan mencari tanda-tanda kehidupan kuno.

Dilansir dari CNET pada Sabtu (15/5) misi tersebut akan berlangsung selama 10 bulan.

Misi Tianwen-1 sendiri terdiri dari pengorbit, pendarat, dan penjelajah Mars. Misi tersebut diluncurkan pada Juli 2020, bersamaan dengan misi pengorbit Hope milik Uni Emirat Arab.

Setelahnya, NASA pun tiba pada bulan yang sama dengan mendaratkan penjelajah Perseverance dan helikopter Ingenuity di Kawah Jezero.

Atas keberhasilan China mendaratkan wahana Zhurong dan menjelajahi Mars, Zhurong yang sampai saat ini terus mengirimkan gambar dan gelombang penjelajahan ke Bumi ditakutkan para rivalnya akan menjadi wahana terdepan dalam sejarah eksplorasi misteri planet mars.

Penulis : IR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *