oleh

Wujudkan Masyarakat Paham Literasi Digital, Pemkab Bangka Tengah Bersama Kemenko Gelar Pelatihan

BANGKA TENGAH, BNBABEL.COM – Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan literasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan kegiatan literasi digital untuk mengedukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan literasi digital lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital paltform di 77 kota atau kabupaten area Sumatera II.

Yang mana dimulai dari Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI/Polri, orang tua, pelajar, penggiat usaha, pendakwah dan sebagainya.

Ada sebanyak 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, diantaranya digital skill, digital safety, digital ethic dan digital culture dimana masing-masing kerangka mempunyai beragam tema.

Dalam kegiatan ini melibatkan 4 narasumber yang akan tampil, yaitu berasal dari 2 narasumber nasional yang membahas digital skill dan digital safety serta dua narasumber lokal yang membahas digital ethic dan digital culture yang akan memberikan presentasi sesuai bidang dan kompetensinya. Dan di akhir pembahasan, key opinion leader akan memberikan sharing seasion.

Sebagai keynote speaker, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman memberikan sambutan bahwa literasi digital dari Kominfo ini sangat bermanfaat dalam membangun daerah masing-masing oleh putra putri daerah melalui digital paltform. Selain Presiden RI Joko Widodo juga memberikan sambutan dalam mendukung literasi digital Kominfo 2021.

Digital Skill yang dibawakan oleh Budi Putra selaku Founder dan CEO Ekuator Media memberikan tema pemanfaatan market place untuk usaha online bagi UMKM. Yang mana terdapat beberapa materi yang disampaikan seperti :
1. Pandemi percepat transformasi digital
2. UMKM gunakan 2-3 market place
3. UMKM andalkan market place
4. Market place sebagai strategi bertahan
5. Daya tarik market place
6. Aplikasi market place apa yang digunakan
7. Manfaat lainnya
8. Ayo optimalkan market place

Untuk Digital Culture dibawakan oleh Budi Randa Hutagalung selaku Pemerhati Sosial Budaya Bangka Tengah dengan mengusung tema Membuat Konten Agama yang Positif di Sosial Media.

Selanjutnya untuk Digital Safety disampaikan oleh Marsefio S Luhukay selaku Ketua Program Ilmu Komunikasi Studi Pelita Harapan. Dimana mengusung tema Peran Orang Tua Dalam Memberikan Ajaran Tentang Keamanan Internet Untuk Anak.

Yang terakhir untuk Digital Ethic dibawakan oleh Vivi selaku GM Business Bangka Pos dengan mengusung tema Sosialisasi E Market Bagi Pelaku Usaha.

Diakhir acara yang dipandu oleh Tamara Andini memberikan sharing sesion tentang menggunakan media sosial untuk menyebarkan konten positif dan untuk menambah income. Selain memberikan trik dan tips, dia juga memberikan tanggapan dari materi yang diberikan oleh para narasumber.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *