oleh

Wagub Babel Resmi Buka Pembukaan Program Magang Bagi 100 Siswa Lulusan SMA dan SMK

PANGKALPINANG, BNBABEL.COM – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Pembukaan Acara Program Pemagangan Dalam Negeri Berbasis Pengguna (Perusahaan/Dunia Usaha dan Dunia Industri) dalam tema ‘Menuju Indonesia Produktif dan Kompeten’, Kamis (1/7/2021) bertempat di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur.

Acara ini dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah dalam pembukaan program pemagangan bagi 100 siswa lulusan SMA dan SMK se-Babel yang nantinya melaksanakan program magang selama 5 bulan di 10 perusahaan di Bangka maupun Belitung. Para siswa ini juga berhak menerima uang saku yang gelontorkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah menyambut baik program pemagangan ini dalam rangka menyiapkan tenaga kerja yang berkompetensi. “Ini adalah perjalanan lanjut kawula muda melalui karirnya ke dunia usaha dan industri. Kita mau posisi dari kawula muda, mereka harus aktif dalam misi kita, bahwa tidak hanya diarahkan permintaan pasar lokal dan bisa melakukan keluar dari Babel,” ujarnya.

Dia pun berharap kepada para perusahaan yang menerima pemagangan ini dapat menganggap para peserta pemagangan seperti karyawan sendiri. “Bantu mereka pengetahuan dan potensinya akan meningkat setelah pemagangan ini,” ujarnya.

Wagub Abdul menambahkan, dengan bekal ilmu yang sudah mereka punya, mereka dapat menyiapkan kebutuhan di dunia usaha atau industri. “Kawula muda ini yang memiliki kemampuan dan layak masuk ke dunia usaha, kita bangun SDM Babel yang etos kerja yang tinggi, mandiri dan mampu bersaing,” ungkapnya.

Sementara Kepala Disnaker Babel, Elfiyena berpesan bagi peserta agar dapat serius mengikuti program pemagangan ini, dengan harapan kinerja yang baik tentu memungkinkan untuk direkrut oleh perusahaan tersebut.

“Ini salah satu upaya pemerintah menyalurkan anak yang sudah tamat sekolah, sehingga mereka bisa mempunyai kemampuan, serta menekan angka pengangguran di Babel. Saya harap tidak hanya di Babel aja tetapi nasional maupun internasional, mari kita bergerak bersama-sama memajukan tenaga-tenaga yang terampil,” harapnya.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *