oleh

Wabup Bangka, Syahbudin : BUMDes Harus Bawa Dampak Nyata Untuk Masyarakat

BANGKA, BNBABEL.COM – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dinilai memiliki peran penting dalam mengukur arus roda perekonomian. Majunya BUMDes ini dinilai akan berdampak signifikan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat setempat khususnya.

Demikian dikatakan oleh Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, S.I.P., M.Tr.IP, Rabu (24/11/21) di Ballroom Tanjung Pesona Sungailiat dalam acara penutupan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan dan penatausahaan keuangan BUMDes berbasis aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA).

“Tidak hanya mencari keuntungan, BUMDes harus membawa dampak nyata yang dirasakan masyarakat Desa, lewat kerjasama dengan masyarakat misalkan yang penting pengurus harus mampu mengelola agar BUMDes terus berkembang dan maju,” imbuhnya.

Ditambahkan Syaubudin, salah satu fokus utama yang harus dimanfaatkan yakni potensi yang dimiliki Desa. Menurutnya, setiap Desa berbeda memiliki potensi yang berbeda pula, maka dirinya menginginkan komitmen seluruh pihak terkait memanfaatkan point tersebut sebagai nilai jual.

“BUMDesa harus mampu menangkap potensi di Desa masing-masing dan mampu mengelola potensi tersebut menjadi unit usaha yang bernilai ekonomis, BUMDes harus terdepan bagi kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Untuk itu dirinya berharap para pengurus BUMDes dapat profesional dalam melakukan pengelolaan yang transparan dan akuntabel.

“Apa yang dikelola BUMDes dapat dipertanggungjawabkan secara transparan,” pungkasnya.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *