back to top
24.6 C
Pangkalpinang
BerandaBangka BelitungBangkaWabup Bangka Buka Kegiatan Pembinaan Pemenang OSN SD tingkat Kabupaten Bangka 2023

Wabup Bangka Buka Kegiatan Pembinaan Pemenang OSN SD tingkat Kabupaten Bangka 2023

BANGKA, BNBABEL.COM – Wakil Bupati Bangka, Syahbudin Sip, M.Tr.Ip membuka Olimpiade Sains Nasional Jenjang Sekolah Dasar tingkat Kabupaten Bangka tahun 2023 di Hotel Manunggal, Sungailiat, Selasa (13/6/2023). Dengan mengusung tema “Berprestasi Membangun Kolaborasi”, kegiatan tersebut digelar mulai tanggal 13 Juni – 16 Juni 2023.

Wabup Bangka dalam sambutannya menyampaikan jika kegiatan itu merupakan bagian dari upaya pemerintah memberikan pembinaan kepada peserta didik untuk berikan bekal agar nantinya mempunyai kompetensi dan karakter yang unggul. Yang mana, di kemudian hari nanti anak peserta didik mampu memenangkan kompetisi di lingkup nasional.

“Pembinaan peserta didik dalam program merdeka belajar dilangsungkan untuk mewujudkan pelajar Pancasila yang memiliki ciri bertaqwa kepada Tuhan YME dan berbudi luhur, bernalar kritis, kreatif, mandiri, gotong-royong dan berbhineka tunggal ika. Untuk menghadapi abad ke 21 yang semakin kompetitif saat ini, anak-anak Indonesia harus tumbuh dengan karakter yang kuat dan modernitas yang berbasis Pancasila serta penguasaan sains dan teknologi,” sebutnya.

Pasalnya, saat ini manusia hidup dalam era perubahan dengan kekuatan sains dan teknologi yang luar biasa saat ini harus dipahami bahwa penguasaan sains bukan hanya ilmu sains terapan, akan tetapi juga ilmu murni. Oleh karena itu, dirinya memberikan apresiasi kepada peserta Olimpiade Sains karena telah mencetak prestasi di tingkat kecamatan.

“Kepada anak-anak, berjuanglah secara maksimal agar kalian dapat meraih yang terbaik. Kami berharap kalian dapat menjadi penghantar bagi Bangka Setara hingga memasuki kancah nasional,” imbuhnya.

Syahbudin mengajak bersama-sama untuk menyematkan jiwa semangat untuk menolak menyerah. Menguatkan prinsip jujur itu, menurut Wabup adalah berjuang mutlak demi meraih cita-cita yang diinginkan.

Dan bagi guru pendamping dan Kepala Sekolah, dirinya ucapkan terimakasih karena telah membimbing para anak didik dengan baik, tulus dan berprestasi. Lebih lanjut ia katakan apa yang sudah didedikasikan tersebut dapat investasi yang besar bagi keberhasilan anak didik.

“Olimpiade Sains ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh pusat prestasi nasional Kemendikbud RI sejak 2002. Kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk pembinaan, pengembangan bakat dan minat dan prestasi siswa sekolah dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tidak hanya sebatas itu saja, kegiatan ini dilaksanakan juga dimaksudkan untuk mendapatkan siswa terbaik yang akan mewakili Indonesia di ajang Olimpiade Sins tingkat Internasional. Oleh karena itu, dinas pendidikan, kepemudaan dan olahraga Kabupaten Bangka berupaya memfasilitasi siswa-siswi agar bisa belajar dan meningkatkan di bidang IPA dan matematika.

“Kegiatan ini merupakan momen yang tepat untuk selalu menjaga kemampuan dan prestasi. Ini juga akan memberikan pengalaman yang baik dalam bekerjasama, mematuhi peraturan, mengakui kekurangan dan belajar mengakui kekuatan lawan. Saya menghimbau kepada segenap panitia, guru pendamping dan anak-anak peserta untuk tetap memelihara keamanan dan ketertiban selama kegiatan ini berlangsung,” tutup Syahbudin. (Ibnu/Rd)

latest articles

explore more

Arsip berita

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini