oleh

Usai Hadiri Rapat Paripurna HUT RI 77, Bupati dan Wabup Bangka Kompak Serukan Pentingnya Kebersamaan

BANGKA, BABELREVIEW.CO.ID – Usai menghadiri rapat paripurna istimewa HUT Republik Indonesia ke 77 tahun 2022 di Ruang Sidang Paripurna, Selasa (16/8/2022), Bupati Bangka Mulkan mengatakan jika penanganan stunting merupakan salah satunya agenda penting yang telah menjadi komitmen pemerintah daerah yang harus ditangani secara serius.

Dia juga sebutkan jika pada tahun 2013 yang lalu angka stunting di Kabupaten Bangka berada di posisi 32.27 persen. Kemudian setelah pihaknya melakukan penanganan lebih serius, angka stunting berhasil ditekan diangka 1.68 persen di tahun 2021.

“Saat ini kami sudah membentuk satuan tugas yang salah satunya koordinatornya Wakil Bupati yang bertugas untuk menekan angka stunting di Kabupaten Bangka ini. Selain itu untuk membantu pelaku UMKM, kita selenggarakan Bangka Expo seperti beberapa hari yang lalu dan disitu bisa dilihat bangkitnya para pelaku UMKM,” tegas Mulkan.

Menurut Bupati, pelaku UMKM merupakan adalah pendapatan ekonomi kerakyatan yang harus terus dikembangkan. Pasalnya, selama dua tahun berturut-turut pemerintah Kabupaten Bangka memberikan bantuan subsidi bunga yang bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat.

Ia sebutkan hingga saat ini pinjaman tanpa bunga tersebut sudah terserap oleh para pelaku UMKM sebesar 7.3 milyar. Mulkan juga menegaskan jika kedepannya untuk para kepala daerah tidak perlu lagi membuat visi misi karena sudah satu komando dari pemerintah pusat yang nantinya akan dilaksanakan di setiap daerah masing-masing.

“Kita semua khususnya yang ada di Provinsi Bangka Belitung harus menjaga kekompakan dan kebersamaan, karena itu kunci dari keberhasilan. Dengan begitu, mudah mudahan kota menjadi provinsi dan kabupaten yang besar,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Syahbudin menambahkan bahwa pada prinsipnya di momentum HUT RI yang ke 77 mengajak kepada seluruh masyarakat kondusifitas di daerah.

“Kalau semua bisa kondusif maka ekonomi akan bangkit pulih lebih dan tumbuh dengan kuat. Jika kondisi tidak aman, tentu saja hasilnya juga akan berbeda,” tegasnya.

Oleh sebab itu, dirinya sebutkan kebersamaan telah menjadi hal yang sangat dalam rangka untuk menggerakkan langkah untuk memulihkan keadaan pasca covid-19. Dirinya berharap, kondisi yang saat ini masih tetap terus ditingkatkan dan menjadikan Kabupaten Bangka zero wabah sehingga pertumbuhan ekonomi bisa cepat bangkit.

“Kami selama ini sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang salah satunya memberikan bantuan subsidi bunga bagi para pelaku UMKM. Intinya kita harus bisa menjaga kondusifitas dengan baik daerah sehingga program yang dijalankan bisa sesuai dengan yang telah di rencanakan,” tutup Wabup Bangka. (Ibnu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.