oleh

Update Verval PSM di Pangkalan Baru, Data Bantuan Sosial Pangan Berkurang Hingga 474 Peserta

Bangka Tengah – Jumlah kepesertaan Bantuan Sosial Pangan (BSP) di Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah mengalami penurunan hingga 474 orang.

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Pangkalan Baru, Gunawan, mengungkapkan, dari update yang dilakukan terjadi pengurangan data BSP dibandingkan tahun 2020 sebanyak 1.782 orang. Sementara pada BSP Tahun Anggaran 2021 sesuai data bayar sejumlah 1.308 orang.

“Ini sesuai data bayar dari Kemensos sebelum diverifikasi, kalau sudah diverifikasi tidak akan mengubah quota. Sedangkan kalau diverval (verifikasi-validasi) dan ditemukan pindah, meninggal dan lain-lain dalam satu desa tetap diganti dengan jumlah yang diverval,” ungkapnya usai mengikuti update verval data BSP di Desa Kebintik, Senin (15/02/2021) sore.

Dikatakan Gunawan, sebanyak 13 Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) se-Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, melakukan update verifikasi dan validasi data Bantuan Sosial Pangan (BSP).

Update data BSP menggunakan aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial – Next Generatin (SIKS-NG) berbasis offline.

Verifikasi dan validasi data BSP, lanjutnya, bertujuan untuk memperbaiki kepesertaan program bantuan sosial pangan.

“Variabel yang wajib atau mandatory sudah ditentukan dalam Surat Edaran Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2017, yaitu terkait data kepengurusan dan status keberadaan,” pungkasnya.

Ia menjelaskan, terdapat empat submenu dalam verifikasi dan validasi, yakni perbaikan data, pengusulan data baru, cetak prelist dan ekspor data.

Pada submenu perbaikan data, disebutkan Gunawan, dimaksudkan untuk melengkapi data kepengurusan dari keluarga penerima manfaat (KPM) dan dapat menonaktifkan KPM yang tidak tepat sasaran.

Sedangkan submenu pengusulan data baru dilakukan untuk kepesertaan bantuan pangan non tunai (BPNT) dan bantuan beras sejahtera (rastra), menampilkan daftar rumah tangga yang sudah terdaftar di basis data terpadu (BDT) namun belum menerima program.

Submenu cetak prelist bertujuan untuk membuat file yang dapat digunakan dalam pelaksanaan verifikasi dan validasi BSP, baik sudah masuk dalam program maupun daftar usulan yang tersedia dari BDT. Dan submenu ekspor data berupa download template laporan musyawarah desa disimpan di folder tujuan. (Ismail Muridan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *