oleh

Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Bangka Bentuk Komunitas Literasi

BANGKA, BNBABEL.COM – Bertujuan untuk meningkatkan minat baca di lingkungan masyarakat, Pemeriksaan Kabupaten Bangka melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan memberikan fasilitas Dalma pembentukan komunitas literasi. Dengan dibentuknya komunitas tersebut dimaksudkan agar ada satu kesatuan antara berbagai komunitas literasi yang ada dengan pemerintah daerah.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bangka, Mina mengatakan jika pembentukan komunitas literasi ini melibatkan berbagai macam organisasi seperti Dewan Kesenian Bangka, Lembaga Adat Melayu, Perpustakaan Desa dan Sekolah serta organisasi lainnya.

“Kita harapkan ikatan berbagai macam organisasi ini dengan pihak pemerintah dapat meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat,” ujarnya, Selasa (28/12/2021).

Ia menambahkan bahwa keberadaan komunitas literasi ini sangat penting karena menurut hasil penelitian minat baca masyarakat di Kabupaten Bangka masih sangat rendah. Menurutnya, dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh komunitas literasi dapat mengajak masyarakat untuk membaca buku di perpustakaan.

“Nantinya masyarakat dapat membaca buku sekaligus melihat kegiatan apa saja yang dilakukan oleh komunitas literasi. Karena jika sudah banyak kegiatan dilakukan di perpustakaan maka akan menarik minat pengunjung,” terangnya.

Sementara itu Ketua Komunitas Literasi Bangka, Suparman Idris menuturkan sebagai langkah awal memulai rencana tersebut, pihaknya akan melakukan aksi literasi daerah. Yang mana akan mengajak seluruh komunitas yang ada untuk bergabung dalam satu kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas literasi Bangka.

“Kami berkumpul hari ini untuk membentuk komunitas literasi yang bertujuan untuk menggerakkan kembali literasi di Kabupaten Bangka,” pungkasnya.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.