oleh

Tinggi Angka Kasus Covid-19, 5 Kelurahan dan 3 Desa harus Lakukan PPKM skala Mikro

BANGKA, BNBABEL.COM – Angka kasus penularan di Kabupaten Bangka saat ini sedang mengalami peningkatan yang cukup signifikan per harinya. Berdasarkan data kasus yang dikeluarkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19, terjadi tren penambahan jika dilihat secara mingguan.

Menurut keterangan dari Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH jika Pemerintah Kabupaten Bangka saat ini telah menyiapkan sebanyak 5 rumah sakit dan 2 tempat karantina.
Kelima rumah sakit yang pertama melayani 28 ruang ICU terisi 23 tempat tidur, sedangkan rumah isolasi sebanyak 147 tempat tidur terisi 74 tempat tidur.

Sedangkan untuk ruang karantina, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka telah menyiapkan 15 tempat tidur dan semua telah terisi, kemudian untuk Mes Melati ada 14 tempat tidur terisi 13. Jadi total tempat tidur yang terisi berjumlah 125.

“Untuk saat ini masih ada yang melakukan isolasi mandiri di rumah sebanyak 188 orang.
Selanjutnya, kami telah menetapkan 8 daerah yang masuk dalam zona merah Covid-19 diantaranya Kelurahan Sungailiat, Kenanga, Bukit Betung, Parit Padang, Sri Menanti dan Desa Air Ruai, Karya Makmur, Bukit Layang,” terang Boy Yandra, Senin (10/5/2021).

Ia menyebutkan jika Kecamatan Sungailiat telah menyiapkan sebanyak 197 untuk isolasi mandiri yang terbagi di empat lokasi. Sedangkan untuk Desa Karya Makmur telah menyiapkan 5 titik, Desa Air Ruai ada 6 titik.

“Upaya PPKM skala Mikro yang kita lakukan di 5 kelurahan dan 3 desa ini adalah salah satu upaya untuk memutuskan mata rantai penyebaran penularan virus corona.
Selain itu juga untuk meminimalisir penyebaran kasus sekecil mungkin,” harapnya.

Pihaknya menginginkan agar kedepannya tidak terdapat lagi kasus isolasi mandiri, yang mana sudah tersedia satu tempat karantina terpusat di desa ataupun di kelurahan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lengah dan bosan dalam melakukan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik dan benar di saat menjalankan rutinitas sehari-hari.
Hindari kerumunan, cuci tangan pakai sabun dan selalu gunakan masker,” tegasnya.

Penulis : Ibnu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *