oleh

Tim Naga Polres Pangkalpinang Bekuk Residivis Curanmor

PANGKALPINANG,BNBABEL.COM- Tim Buru Sergap Naga Polres Pangkalpinang, meringkus dua orang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), yakni Yg (33) dan Ad (25).

Salah satu pelaku Yg merupakan residivis dan DPO curanmor yang sering beraksi di Kota Pangkalpinang.

“Keduanya dibekuk pada Minggu (16/5) sekitar pukul 16.00 WIB di wilayah Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah,” kata Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang, AKP M Adi Putra, Senin (17/05/2021).

Ia menjelaskan, peristiwa pencurian tersebut terjadi di Jalan Depati Amir RT 06 RW 02 Kelurahan Keramat, Kecamatan Rangkui, Pangkalpinang, pada Senin (10/05/2021) sekira pukul 17.00 Wib.

Saat korban sedang melaksanakan tugas sebagai panitia mengurus zakat fitrah di Masjid Al Karomah, pelaku mengambil sepeda motor korban yang terparkir. Akibat kejadian itu korban mengalami kerugian sebesar Rp 6,7 juta.

Kedua pelaku lalu melarikan motor tersebut. Tim Buser Naga Polres Pangkalpinang mendapatkan informasi tentang keberadaan pelaku.

Pihaknya melakukan pengejaran sejak Rabu (12/05/2021) bertepatan malam Lebaran Idul Fitri 1442 H, karena motor curian akan dibawa ke luar Pulau Bangka.

Setiba di Sungai Selan, tim melihat salah seorang terduga pelaku sedang di pinggir jalan dan langsung mengamankannya.

Dari hasil interogasi diketahui pelaku Ad mengaku melakukan pencurian bersama rekannya Yg. Selanjutnya petugas meringkus pelaku yang diketahui DPO kasus serupa.

Berdasarkan pengakuan keduanya, pelaku melakukan pencurian kendaraan bermotor diawali dengan menumpang mobil truk dari Sungai Selan menuju Pangkalpinang.

Setelah tiba di Pangkalpinang, keduanya berjalan kaki untuk mencari sepeda motor yang akan menjadi target mereka. Begitu mendapatkan target, salah seorang pelaku mengeluarkan kunci T untuk merusak kunci setang sepeda motor tersebut.

“Setelah berhasil mendapatkan sepeda motor tersebut kemudian kedua pelaku langsung kembali ke daerah Sungai Selan, Bangka Tengah, yang mana selanjutnya sepeda motor hasil curian akan dijual oleh kedua pelaku,” terang Adi Putra.

Dari tangan keduanya, petugas berhasil mengamankan dua unit sepeda motor, satu buah kunci T, satu bilah pisau dan dua unit telepon genggam. Pelaku berikut barang bukti dibawa ke Mapolres Pangkalpinang guna penyidikan lebih lanjut.

Keduanya dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dan terancam hukuman tujuh tahun penjara.

Adi Putra mengingatkan bahwa pelaku kejahatan spesialis curanmor melaksanakan aksinya karena ada niat dan kesempatan.

Sejak awal, kata dia, pelaku sudah berniat untuk melakukan tindak pencurian. Tinggal menunggu kesempatan dari kelalaian calon korban.

Kelalaian korban sering memarkirkan kendaraan tanpa kunci pengamanan ganda dan parkir sembarangan, menurutnya, mempermudah pelaku kejahatan melaksanakan aksinya.

“Saya tegaskan khusus kepada para pelaku kejahatan yang masih berkeliaran, segera hentikan aksi kejahatan karena cepat atau lambat kalian akan kami tangkap dan akan kami beri tindakan tegas dan terukur,” pungkas Adi Putra.

Ia juga menegaskan Tim Naga Sat Reskrim Polres Pangkalpinang tidak akan pernah berhenti atau menyerah dan membasmi serta menangkap para pelaku kejahatan yang menganggu keamanan dan ketertiban di Kota Pangkalpinang. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *