oleh

Tim Divpam PT Timah Stop Ponton Rajuk Illegal di Pingir Jalan Raya Desa Selingsing Beltim

BELITUNGTIMUR, BNBABEL.COM — Tak tanggung-tanggung dalam satu hari Tim Divisi Pengamanan (Divpam) PT Timah Tbk melakukan pengamanan dan penertiban di tiga lokasi, di wilayah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (18/11/2021).

Dibantu personil BKO Brimobda Polda Babel, Tim Divpam PT Timah melakukan patroli dan penertiban tambang illegal mulai sekitar pukul 10.00 WIB. Tim menyasar lokasi IUP PT Timah TBk DU 1576 Danau Meranteh di Desa Selingsing Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur.

Di wilayah Gantung ini, Tim Divpam menyisir dua lokasi langsung, yakni lokasi X: 189.525 dan Y:9.672.175. Saat tiba di lokasi, Tim Divpam menemukan tiga unit TI sedang berada di lokasi. Sebanyak dua unit sedang melakukan aktivitas dan satu unit lainnya sedang tidak beroperasi.

Pemilik TI ini adalah warga sekitar, yang berinisial D dan Z.
Sementara di lokasi kedua, tepatnya pada koordinat X:190.099 dan Y: 9.672.249, Tim Divpam menemukan empat unit TI. Pemilik TI ini juga adalah warga sekitar, berinisial A, W, H dan S.

“Tim Divpam PT Timah Tbk terus bergerak. Kebetulan pada Kamis (18/11/2021), tim kita bergerak melakukan patroli bersama personil BKO Brimobda Polda Babel di Desa Selingsing Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur. Di daerah ini, kita menyasar tiga lokasi yang diinfokan masyarakat ada aktivitas TI,” ungkap GM PT Timah TBk, Robertus Bambang Susilo.

Tindakan yang dilakukan oleh Tim Pengamanan kepada para penambang ini masih bersifat persuasif. Para penambang ilegal tersebut diberi surat pernyataan untuk ditandatangani di atas materai.

Tim Divpam juga melakukan penyetopan segala aktivitas penambangan serta diwajibkan membongkar peralatan tambang masing-masing.

“Selama giat ini berlangsung dalam situasi aman terkendali. Kita apresiasi juga bahwa para penambang mengikuti tindakan yang kita lakukan. Kita berharap para penambang ini komitmen untuk tidak mengulangi aktivitas tambang di WIUP PT Timah,” tukas Robertus.

Sementara pada sore harinya, sekitar pukul 15.20 WIB sampa pukul 16.05 WIB, Tim Divpam kembali melakukan upaya penertiban tambang ilegal di lokasi WIUP PT Timah Tbk, di kawasan 1576 Desa Selingsing, Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur.

Di lokasi yang memiliki titik koordinat X: 188529 Y: 9678145 dan titik koordinat X:188537 Y:9678145, Tim Divpam menemukan Ponton Rajuk Suntik Robin yang sedang beroperasi sebanyak 17 set robin.
Setelah didata, para pemilik atau penanggung jawab tambang illegal ini antara lain oknum warga berinisial M, P,P dan E.

Kepada para penambang ini, Tim melakukan penghentian atau penyetopan segala aktivitas di lokasi tersebut.
Tim juga mewajibkan kepada para penambang untuk membongkar peralatan tambang masing-masing.

“Sebelumnya kita sudah lakukan pembinaan dan teguran secara prsuasif, agar penambang menghentikan aktivitas tersebut dikarenakan sudah mendekati area reklamasi dan jalan raya. Kita bersyukur para penambang sepakat untuk menghentikan kegiatan tambang robin di wilayah tersebut,” ujar Robertus.

Robertus juga mengapresiasi tim pelaksana penertiban Tim Divpam dan jajaran produksi Unit Belitung. (BN11)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *