oleh

Tiga Kepala Daerah di Babel Datangi Kemen PAN-RB, Mulai 1 Juli Instansi Pemerintah Perdengarkan Lagu Indonesia Raya

JAKARTA, BNBABEL.COM – Tiga kepala daerah dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyambangi Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Kedatangan ketiganya diterima Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, di kantornya, Jakarta, Kamis (17/06/2021).

Ketiga kepala daerah itu masing-masing Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, Wakil Bupati Bangka Syahbudin, dan Walikota Pangkalpinang diwakili Kepala Bappeda Belly Jawhari.

Dalam pertemuan tersebut, Tjahjo Kumolo didampingi sejumlah pejabat kementerian yang dipimpinnya. Diantaranya Deputi Bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa, Staf Ahli Bidang Pemerintahan & Otonomi Daerah Jufri Rahman, Staf Khusus Penanganan Antikorupsi Rakhmad Setyadi, Staf Khusus Penanganan Radikalisme Tony Surya Putra, dan Staf Khusus Pelayanan Publik dan Umum Saifudin Latief.

Selain itu, turut mendampingi juga Plt Sekretaris Deputi SDM Aparatur Diah Faras, serta Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Noviana Andrina.

Dirilis dari laman menpan.go.id, kunjungan ketiga kepala daerah di Babel ini dengan agenda terkait pengelolaan SDM aparatur dan pelayanan publik, di lingkup pemerintah daerah masing-masing.

Terbitkan Imbauan
Sementara itu, melalui siaran persnya pada Rabu (16/06/2021), Kemen PAN-RB dikabarkan menerbitkan imbauan kepada instansi pemerintah untuk memperdengarkan lagu Indonesia Raya kepada para ASN dan membaca teks Pancasila, terhitung 1 Juli 2021.

Selain itu juga, pelaksanaan apel dilakukan pada setiap Senin pagi.

Dalam imbauan tersebut disebutkan bahwa setiap Selasa dan Kamis pukul 10.00 WIB, instansi pemerintah diminta memperdengarkan lagu Indonesia Raya.

Begitu pula dengan pembacaan naskah Pancasila, agar dilakukan setiap Rabu dan Jum’at pada pukul 10.00 WIB.

Kegiatan apel Senin pagi, memperdengarkan lagu Indonesia Raya serta pembacaan naskah Pancasila tersebut dilakukan untuk memelihara dan memperkuat rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

“Sebagai pengabdian terhadap negara dan rakyat Indonesia serta ketaatan terhadap ideologi Pancasila dan UUD 1945 bagi ASN di lingkungan instansi pemerintah,” ujar Menteri Tjahjo.

Kegiatan apel dilaksanakan secara langsung dan daring setiap Senin pagi, diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai yang bekerja di kantor maupun di rumah.

Apel dilaksanakan dengan memperhatikan jumlah peserta, jarak aman, dan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Sementara kegiatan memperdengarkan lagu Indonesia Raya dan pembacaan naskah Pancasila diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai yang bekerja di kantor.

Pada saat kegiatan ini berlangsung, seluruhnya harus berdiri tegak dengan sikap sempurna di ruang kerja masing-masing sesuai dengan ketentuan UU No. 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

“Kegiatan ini dilakukan dengan tidak mengganggu jalannya pemerintahan ataupun mengurangi kualitas dan kelancaran pelayanan kepada masyarakat,” tertulis dalam imbauan tersebut.

Selain Menteri Kabinet Indonesia Maju dan Sekretariat Kabinet, imbauan tersebut juga ditujukan kepada Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala Lembaga, gubernur, walikota, dan bupati. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *