oleh

Terinspirasi dari Kisah Nyata Film ‘Martabak Bangka’, Pemeran Koh Acun Jajal Usaha Martabak di Ibukota

Jakarta, BNBABEL.COM — Masih ingat film layar lebar berjudul ‘Martabak Bangka’ yang ditulis oleh Fahrul Rozi; seorang aktor kawakan nasional sekaligus penyabet gelar penulis skenario terbaik dalam sinetron ‘Mat Angin’ pada Festival Sinetron Indonesia.

Film ‘Martabak Bangka’ sendiri berlatar cerita kesuksesan seorang penjaja martabak asal Bangka bernama koh Acun, yang selama puluhan tahun diketahui merantau dan membuka kedai martabaknya di Jakarta.

Koh Acun yang hidup sebatang kara di jantung Ibukota negara itu, hanya ditemani pegawai teladannya bernama Jaya yang diperankan oleh Raymond Y Tungka.

Singkat cerita koh Acun meninggal dunia dikarenakan suatu penyakit. Lantaran tidak memiliki keluarga, dan koh Acun juga tidak pernah menceritakan apa pun tentang keluarganya yang ada di Bangka, maka semua harta warisan koh Acun mulai dari kedai martabak, rumah, dll, akhirnya diwariskan kepada Jaya yang selama ini selalu setia menemani koh Acun, bahkan sudah dianggap seperti anak sendiri oleh koh Acun.

Jaya yang merasa harta warisan koh Acun bukan lah haknya, memutuskan untuk mencari keluarga koh Acun yang ada di Bangka, meski pun keputusan itu ditentang oleh pacarnya, Laras, yang meminta jaya tetap menerima harta warisan koh Acun dan meneruskan usaha martabaknya yang sangat maju.

Bermodalkan informasi seadanya, ditemani Asep selaku asisten Jaya di kedai martabak koh Acun, mereka berdua akhirnya nekat terbang ke pulau Bangka, guna mencari keluarga pewaris harta koh Acun yang sebenarnya. Petualangan pun kemudian dimulai.

Begitu lah sinopsis singkat film layar lebar ‘Martabak Bangka’ yang sempat fenomenal di tahun 2019 lalu. Film yang tak hanya menyajikan drama tentang kesetiaan, persahabatan, dan keluarga ini, tapi juga turut menampilkan panorama wisata pantai yang ada di bumi serumpun Bangka-Belitung.

Yang menarik lagi, diketahui kalau kisah kesuksesan koh Acun sebagai penjaja atau pedagang martabak Bangka di Ibukota itu ternyata berasal dari tokoh dan cerita yang nyata.

Hal itu diungkap oleh koh Aming, selaku pemeran koh Acun dalan film ‘Martabak Bangka’. Dirinya mengatakan bahwa sangat kagum dengan sosok koh Acun yang ia ketahui begitu gigih membangun usaha martabak hingga menuai sukses di belantara Ibukota.

Terinspirasi dari kisah sukses koh Acun, koh Aming pun kini memutuskan untuk membuka kedai martabak Bangka miliknya sendiri.

Uniknya, lokasi kedai martabak milik koh Aming yang ia beri nama ‘Martabak Bangka Legendaris Koh Acun’ itu ternyata merupakan tempat yang sama untuk syuting film ‘Martabak Bangka’.

Menurut koh Aming, dalam menjajaki usaha martabaknya ini, ia tetap berpegang teguh pada prinsip koh Acun dalam filmnya, yaitu: “kamu bertanggung jawab atas apa yang kamu buat untuk dijual,” ucap koh Aming.

Karena itu lanjut koh Aming, ia sangat menjaga kualitas martabak buatannya demi memuaskan selera konsumen.

Bagi yang ingin mencicip seperti apa khas rasa ‘Martabak Bangka Legendaris Koh Acun’ seperti dalam filmnya, bisa langsung bertandang ke kedainya yang beralamat di JL. Raya serpong KM 7/JL. MH Thamrin KM 7 (Samping Gedung PERSADA), Paku Alam, Serpong, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, atau dapat hubungi customer service kedainya di nomor 0812-1085-2118.

Jurnalis: JAM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *