Sukseskan G20, Jaringan Internet Terus Ditingkatkan

by admin
3 minutes read

BELITUNG, BNBABEL.COM – Guna menyukseskan pertemuan tingkat menteri G20 pada 7-9 September 2022 di Belitung, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Kep. Babel) bersama stakeholder terkait terus berbenah untuk menyediakan layanan jaringan telekomunikasi dan internet berkecepatan tinggi.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Prov. Kep. Babel, Yunan Helmi mengatakan layanan penguatan signal internet secara khusus itu difokuskan pada empat lokasi yang menjadi visitasi peserta delegasi tingkat menteri pembangunan.

“Keempat titik usulan kunjungan yaitu Seputaran Tanjung Kelayang, HKM Juru Seberang, Bukit Paramon dan Open Fit Nam Salu,” ungkapnya saat memimpin Rapat Koordinasi Pemenuhan Telekomunikasi dan Jaringan Internet Pelaksanaan Pertemuan Tingkat Menteri G20 di Ruang Rapat Diskominfo Kabupaten Belitung, Senin (27/6/2022).

Berdasarkan informasi yang dijelaskan pihak Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bahwa penguatan signal di keempat lokasi tersebut akan disuport oleh provider, mulai dari pengecekan lapangan, penguatan signal, hingga penyediaan jaringan internet.

Diinformasikan bahwa berdasarkan hasil pengukuran quality of service Belitung oleh Indosat, Telkomsel dan XL pada tgl 7 Juni 2022, menunjukkan beberapa sebagian wilayah yg perlu diperkuat kualitas signal internet, sehingga diperlukan penguatan agar lebih kuat lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kep. Babel, Sudarman dalam rapat tersebut menginisiasi kepada provider untuk segera menghadirkan infrastruktur Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk membuka akses konektivitas di titik lokasi tertentu khususnya di area Sheraton Hotel. Selain itu dengan meningkatkan kapasitas hotspot di seputaran Pantai Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi.

“Saya juga minta Kementrian Kominfo untuk memberikan videotron, guna mendukung publikasi BKMKG dan informasi lainnya,” ungkap Kadis Kominfo Kep. Babel.

Ditambahkan oleh pihak Dinas Kominfo Kabupaten Belitung bahwa kondisi saat ini bahwa jaringan fiber optik dan jaringan seluler ISP sudah mencapai lokasi acara, namun masih diperlukan penguatan signal menuju lokasi kunjungan pelaksanaan kegiatan.

Menanggapi hal itu, Pihak Telkomsel Babel telah mempersiapkan guna mendukung pelaksanaan pertemuan tingkat menteri G20, dengan jumlah BTS 1.089 unit untuk jaringan 4G, pihaknya siap melakukan membackup penyediaan akses internet di 19 fasilitas, pemenuhan infrastruktur untuk kebutuhan internet di Hotel Sheraton, hingga telah memperkuat kapasitas internet di Tanjung Kelayang.

Dari pihak Telkom berharap agar infrastruktur yang akan dilalui pipa fiber optik dapat segera dibenahi, untuk itu pihak Event Organizer yang ditunjuk Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) dan otoritas KEK tanjung kelayang dapat segera memberi akses tersebut kepada pihaknya.

Perwakilan dari Telkom juga telah meningkatkan kapasitas backbone dari 1 Gb nenjadi 10 Gb, sehingga suplai untuk lokasi utama dapat tercover, dimana bandwidth yang dibutuhkan untuk rapat di Sheraton Hotel hanya sebesar 400 mbps.

Sementara pihak XL menjelaskan bahwa terkait jaringan XL di Belitung sudah di support dengan 300-an BTS di Kabupaten Belitung dan Area 4G di area Hotel Sheraton dan Bandar Udara Internasional HAS Hanandjoeddin, termasuk membenahi blank spot perjalanan dari Tanjungpandan ke Tanjung Kelayang.

Terakhir dari Bappenas berharap agar pihak provider juga memperkuat signal di lokasi hotel yang direkomendasikan.

Pertemuan ditutup dengan kesimpulan persiapan terkait dukungan internet mencapai progres yang signifikan. Untuk finalisasi pengecekan akan dilakukan evaluasi di minggu terakhir bulan juli 2022 dengan melakukan pengecekan secara langsung titik lokasi yang bakal di kunjungi delegasi G20 dan hotel-hotel yang ditempati peserta. (Ibnu)

You may also like

Leave a Comment