oleh

Sudah Kantongi Ijin, Primkopal Babel Segera Normalisasi Muara Air Kantung

BANGKA, BNBABEL.COM – Dengan akan dilakukannya pengerjaan pengerukan alur muara air kantung Sungailiat, Primer Koperasi Pangkalan Angkatan Laut (Primkopal) Bangka Belitung bersama dengan mitra menggelar syukuran dan doa bersama, Jum’at (17/12/2021).

Pasi Intel Lanal Babel, Mayor Laut Undang menyebutkan bahwa kegiatan syukuran dan doa bersama dilaksanakan sekaligus dalam rangka melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya yang berada di pesisir terkait dengan akan dimulainya pengerjaan pengerukan alur muara air kantung.

“Yang terpenting adalah kita akan mengutamakan dan menormalisasi kondisi alur muara agar nelayan tidak mengalami kendala lagi saat melintas di alur muara air kantung baik dalam kondisi air laut pasang atau surut,” tegasnya.

Ia mengharapkan dengan dilakukannya pendalaman alur muara dapat membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang selama ini dialami oleh para nelayan.

“Kita sama-sama berdoa dan berusaha, agar ke depannya kapal nelayan kita baik yang akan melaut ataupun pulang dari melaut tidak terkendala lagi dengan permasalahan pendangkalan alur muara Air Kantung yang selama ini di keluhkan oleh para nelayan kita,” terangnya.

Sementara itu disinggung mengenai surat ijin dan kelengkapan dokumen lainnya, dirinya katakan jika sudah memiliki dokumen administrasi dan termasuk ijin pengerukan per tanggal 10 Desember 2021 yang lalu.

“Oleh sebab itu, hari ini kita melaksanakan doa syukuran agar kita seiring dengan masyarakat. Kalau izin IUP itu sudah diterbitkan semenjak itu kita sudah harus memulai pekerjaan dan ada kewajiban bagi yang menerima IUP untuk memberikan berita acara kepada Pemerintah Pusat sebagai tahapan pekerjaan normalisasi,” ungkap Mayor Laut Undang.

Ia melanjutkan, Primkopal sendiri bersama mitra tidak bisa menunggu, bukan berarti tidak menghargai teman-teman dari kubu sebelah, tetapi dalam hal ini lebih mementingkan kewajiban yang telah diberikan kepada pihak Primkopal untuk melaksanakan normalisasi berdasarkan undang-undang IUP yang diberikan oleh Pemerintah Pusat.

“Tahapan kita sekarang, sudah pasang banner, pasang patok sebagai syarat berita acara kami ke pemerintah pusat karena IUP itu sudah harus dilaksanakan. IUP sudah terbit kami harus melakukan kewajiban-kewajiban kami. Tahapan-tahapan dari normalisasi dari IUP itu harus ada berita acara. Nanti kita akan dorong gundukan pasir ini ke laut dan disedot,” Kata Perwira Utama Jajaran Lanal Babel.

Hadir pada kesempatan tersebut, mewakili Danlanal Babel, Mayor Laut Undang seijin Danlanal Babel, Kolonel Laut Fajar Hernawan, Para Perwira Jajaran Lanal Babel dan anggota, Kasat Polairud Polres Bangka dan anggota, Danramil Sungailiat, Camat Sungailiat, Syahbandar Babel, PPN Sungailiat, Lurah Jelitik, Kaling Nelayan 2, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat Nelayan dan para nelayan Sungailiat.

Kemudian hadir juga dari mitra Primkopal seperti PT. Samudera Gemilang Perkasa, PT. Putra Samudera Tiga-Tiga, Adara dan Rajuk Pasir Muara Jelitik yang kesemuanya merupakan perusahaan yang telah direkrut oleh Primkopal Babel dalam pengerjaan normalisasi Air Kantung di Sungailiat.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *