oleh

SPSI Babel Suarakan Hak Buruh Lewat Pertemuan Terbatas

Bedah UU Ketenagakerjaan No. 11 tahun 2020

PANGKALPINANG, BNBABEL.COM – Bertepatan dengan Hari Buruh Dunia atau yang di kenal dengan May Day yang jatuh pada 1 Mei 2021, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia ( SPSI ) Bangka Belitung ( Babel) mengelar pertemuan terbatas di Hotel Grand Vella, Pangkal Pinang (1 /5).

Pertemuan tersebut diikuti oleh 80 sampai dengan 100 orang perwakilan dari setiap Unit kerja dari 4 Kabupeten di Bangka yakni Unit Bangka Barat, Bangka Induk, Bangka Selatan dan Bangka Tengah.

Hal tersebut disampaikan oleh Budiman Siregar yang dikonfirmasi wartawan lewat sambungan recorder WA ketika hendak mengikuti acara tersebut Pukul 13.30 WIB. (1 /5)

Dikatakan Budiman SPSI Bangka Belitung sebelumya telah mengadakan rapat dan sepakat tidak menurunkan masa ke jalan untuk menyuarakan hak – hak buruh seperti tahun tahun sebelumya lantaran meningkatnya inveksi Covid 19 di Bangka Belitung.

” Pertama-Tama saya selaku ketua SPSI Bangka mengucapkan selamat Hari Buruh kepada rekan – rekan pekerja yang ada di Provinsi Bangka Belitung khususnya kabupaten Bangka.
Terkait Mai Day memang momentum rekan-rekan buru untuk menyuarakan hak – hak pekerja baik kepada pemerintah ataupun pihak perusahaan atau pengusaha” Ujar Budiman Siregar.

Dikupas Oleh Budiman mengenai May Day yang saat ini berbeda dari masa pemerintahan sebelumnya seperti di era SBY yang menghadiahkan kaum buru Indonesia dengan menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional.
Hal itu sangat membantu para buruh untuk memperjuangkan hak tanpa harus melanggar aturan perusahaan.
Namun itu Budiman Siregar menekankan bahwa pada tahun ini masa buruh tidak berdemonstrasi dikarenakan faktor penularan Covid 19 yang meningkat.

” Memang waktu dulu May day ini diperingati bahkan turun kejalan untuk menyuarakan aspirasi.
Pada zaman pemerintahan SBY tahun 2004 kami dapat hadiah dari pemerintahan dengan diresmikan 1 mei sebagai hari libur, Karena sebelumya buruh melakukan aksi ataupun peringatan hari buruh biasanya para buruh harus tidak bekerja atau izin keluar bahkan ada yang sewiping ke perusahaan – perusahaan yang menjemput rekannya sesama buruh untuk memperingati hari buruh” ,Ungkap Budiman.

” Kenapa pentingnya perjuangan ini karena kita melihat sebelumnya para aktifis buruh banyak yang menjadi korban ketika melakukan perjuangan, banyak yang Di PHK, kehilangan pekerjaan dan di Intimidasi.
Berdasarkan cerita kelam itu, momentum ini Kamis suarakan kepada pemerintah dan pengusaha untuk tidak melakuakak hal itu kepada buruh dan para aktifis ketika memperjuangkan hak dan suaranya” , Jelas Budiman.

” Nah untuk may day tahun ini kenapa para buruh tidak turun ke jalan khususnya di Bangka Belitung.
Untuk tahun ini kami sudah rapat di DPD SPSI Bangka Belitung untuk tidak turun ke jalan dan mendatangkan masa buruh seperti tahun – tahun sebelumnya.
Tapi kami tetap melakukan pertemuan terbatas untuk menyuarakan hak buruh. Mengingat sekarang ini di Bangka Belitung suasana Pandemi Covid-19 Bangka Belitung makin melonjak sehingga kamipun memahami dan mendukung pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19 “, Tambahnya panjang Lebar.

Dikatakan Budiman dalam pertemuan terbatas SPSI Bangka Belitung, akan di adakan penyaluran sembako dari Polda Bangka Belitung diwakili SPSI untuk disalurkan kepada para buruh yang ter PHK.
Selain itu, ada tanya jawab antara SPSI dengan narasumber Disnaker Bangka Belitung yang membedah UU dan PP ketenaga kerjaan dan Upah yang baru di sahkan pemerintah RI.

” Acaranya itu nanti ada pembagian paket sembako dari Polda itu dibagikan melalui SPSI Bangka Belitung akan di salurkan kepada rekan-rekan pekerja yang terdampak PHK, nah setelah itu acara kemudian adalah membedah UU Ketenaga kerjaan No. 11 tahun 2020 Nara sumber dari Disnaker Provinsi Bangka Belitung itu akan ada sesi tanya jawab terkait UU ketenaga kerjaan yang baru ini “, Ujarnya.

Dari itu SPSI Bangka melalui pertemuan terbatas di peringatan hari Buruh Dunia berharap hak – hak para buruh terutama.
Hak normatif dapat dipenuhi setiap perusahaan kepada buruh yang bekerja di Bangka Belitung.

” Tentu harapan kita Melalui May Day ini mudah – mudahan kedepan hak-hak buru busa terus terpenuhi terlebih hak-hak normatifnya.
Dengan peringatan hari buruh ini semoga kedepan buruh makin sejahtera kami harapkan kedepan kesadaran perusahaan makin tumbuh kepada pekerjanya” , Harap Budiman.

Penulis : Ir

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *