oleh

Silaturahmi Dengan Bupati Bangka, HNSI Bangka Jalin Sinergitas

SUNGAILIAT, BNBABEL.COM – Demi mempererat sinergitas, pengurus DPC HNSI Kabupaten Bangka gelar silaturahmi dengan Bupati Bangka yang di laksanakan di Rumah Dinas Bupati, Jum’at (26/2/2021).

Bupati Bangka, Mulkan SH MH menyampaikan bahwa kegiatan itu untuk menjalin kekompakan dan hubungan yang harmonis antara HNSI dan Pemkab Bangka. Selanjutnya ia juga mengucapkan terimakasih telah berkesempatan untuk saling berdiskusi dan bertukar informasi terkait perkembangan nelayan yang ada di Pemkab Bangka.

“Saat ini jumlah nelayan yang yang ada di Kabupaten Bangka ada sebanyak 6.721 orang. Dan hampir setiap tahun pemerintah telah mendorong terhadap pendapatan per kapita bagi para nelayan dalam bentuk alat transportasi maupun alat tangkap, meskipun masih sangat minim dengan 20 sampai 30 mesin per tahunnya,” terangnya.

Ia melanjutkan jika pihaknya besok akan menyerahkan mesin tempel kepada nelayan yang ada di Kota Kapur, Kecamatan Mendo Barat.

“Dengan adanya HNSI, diharapkan bisa membantu pemerintah daerah dalam memberikan pemahaman kepada nelayan yang nantinya para nelayan lebih bijak dalam menghadapi setiap permasalahannya yang dihadapi. Saya inginkan, di kepengurusan HNSI yang saat ini harus mempunyai program kerja yang jelas dan terukur,” himbaunya.

Kemudian ia mengharapkan agar para nelayan wajib mempunyai asuransi dan kartu nelayan. Yang nantinya pihak HNSI bisa mewujudkan hal itu dengan berkoordinasi ke Dinas Perikanan dalam melakukan pendataan.

Pasalnya setelah memiliki kartu dan asuransi, minimal para nelayan mempunyai perlindungan baik secara aturan maupun keselamatan. Maka dari itu, Bupati meminta kepada bisa membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan yang ada tersebut.

“HNSI harus menjadi wadah untuk kepentingan para nelayan, dan saya tidak ingin adanya alasan kerja kebiasaan. Dan HNSI harus berada di tengah tengah dan di pihak yang benar. Kami ingin adanya suatu perubahan pada kehidupan para nelayan. Ke depan HNSI harus menjadi organisasi yang bisa bermitra dengan Pemerintah Daerah dan memiliki program nyata dan mumpuni,” ujar Mulkan.

Sementara itu, Lukman Spd selalu Ketua HNSI Kabupaten Bangka sangat mengapresiasi atas sambutan yang diberikan oleh Bupati Bangka.

Dengan adanya komunikasi, diharapkan akan terjalin hubungan dengan baik antara pemerintah daerah dengan HNSI Bangka. Ia menegaskan apa saja pesan yang di sampaikan oleh Bupati Bangka akan segera dikerjakan.

“Kami siap untuk bersinergi dengan pemerintah, karena HNSI tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan dan support dari pemerintah. Kami berkomitmen untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan para nelayan dan keluarganya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Lukman membenarkan apa yang disampaikan oleh Bupati Bangka bahwa HNSI wajib berada di tengah nelayan dan bersikap demi kepentingan nelayan. Menurutnya, HNSI ke depan harus mempunyai rencana kerja demi kemakmuran nelayan.

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin membawa HNSI ke arah yang lebih baik demi kemakmuran para nelayan. Semoga dengan adanya kolaborasi yang baik dengan pemerintah, bisa mewujudkan visi dan misi yang telah kami rencanakan,” pungkasnya.

Dihadiri oleh, Kepala Dinas Pertanian, Asisten I, Kepala Dinas Bappeda, Kepala Dinas Kesbanpol, Kasat Pol PP dan tamu undangan lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *