oleh

Setelah Ramadhan Gubernur Ajak Masyarakat Untuk Optimalkan Ibadah di Bulan Syahwal

BANGKA-BELITUNG, BNBABEL.COM – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, Erzaldi Rosman mengajak umat Islam agar selalu meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dengan tetap menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya, serta melanjutkan amal ibadah kebaikan di bulan Syawal dengan menjalankan puasa Syawal 1442 H.

Hal tersebut di sampaikan oleh Gubernur Erzaldi saat menjadi khatib Jum’at di Masjid Al-Ansor Desa Gadung Toboali Bangka Selatan, pada Jumat (04/06) siang.

Dalam khotbahnya ia mengatakan kalau di bulan Ramadhan yang lalu umat Islam telah melaksanakan ibadah puasa bulan Ramadhan, dan saat ini Allah SWT masih memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk melaksanakan amal ibadah di bulan Syawal, salah satunya ibadah sunah puasa Syawal yang dikenal oleh masyarakat dengan puasa 6 hari.

“Hal membuktikan kepada kita bahwa Allah SWT sayang kepada kita, agar kita bisa mendapatkan amal kebaikan di bulan Syawal,” ujarnya.

Kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan tadarus Alquran, sholat tahajud, serta amal kebaikan lainnya.

“Amal kebaikan lainnya dapat dilanjutkan antara lain menunaikan zakat, memperbanyak sedekah, apalagi saat pandemi banyak saudara kita membutuhkan pertolongan,” ungkapnya.

Berbuat amal kebaikan ujar bang Er—sapaan akrabnya—harus dilakukan secara terus-menerus, walaupun hanya sedikit, lama kelamaan akan menjadi bukit.

Hal itu ia ungkap ditegaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW dalam sabdany: ahabbul a’mali ilallahi adwamuha wainqalla yang artinya sesungguhnya amal yang disenangi Allah yaitu yang terus-menerus, meskipun sedikit (HR. Bukhori dan Muslim).

Perkerjaan amal kebaikan, lanjut Erzaldi, mesti dikerjakan dengan semestinya, karena yang demikian dikehendaki oleh Allah SWT, sebab hal itu ditegaskan juga dalam firmannya yaitu menjadikan mati dan hidup supaya menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya, dia maha perkasa lagi maha penyayang (Q.S Al-Mulk: 2).

“Setiap pekerjaan yang baik itu akan memberikan kebaikan bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan dunia, untuk itu mari kita bekerja sebaik-baiknya sehingga kebaikan akan kita dapatkan, “tegasnya.

Dalam Safari Jum’at kali ini, Erzaldi merasa senang, karena masjid Al-Ansor Desa Gadung Toboali Bangka Selatan yang telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid -19, dengan harapan wabah ini cepat berakhir.

Sementara masyarakat setempat menyampaikan keinginan warga untuk memajukan daerah mereka yang kemudian mendapat respons positif dari gubernur.

Kegiatan Safari Jum’at kali ini, Gubernur didampingi kepala Biro Kesra Setda Bangka Belitung dan jajarannya, serta beberapa Kepala PD lainnya.

Jurnalis: JAM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *