oleh

Setahun Lebih Corona Datang, Dua Penyanyi Ini Terkena Dampak Minimnya Tawaran Manggung

BANGKA,BNBABEL.COM — Pandemi covid-19 yang sudah berjalan lebih dari satu tahun ini, sangat memukul para penyanyi dan pemusik di Bangka Belitung.

Jika sebelum pandemi, para penyanyi lokal Babel bisa naik panggung hingga mencapai 10 kali perbulan, namun turun drastis sejak covid-19 melanda dunia.


Seperti diakui oleh Kiki, Runner Up 1 Putri Dangdut Babel 2021 ini. Menurut Kiki yang sudah mulai menggeluti profesi tarik suara ini sejak tahun 2015,

Saat ini Ia hanya menerima tawaran naik panggung antara 2-5 kali sebulan.
“Bahkan tak jarang hanya 1 kali yang mengundang kita manggung,” ujar Kiki.
Hal serupa juga dialami Reva, Putri Dangdut Sosmed Babel 2021. Menurut remaja berusia 15 tahun ini, sejak pandemi corona terjadi, Dirinya hanya 2-3 kali saja mendapat tawaran menyanyi perbulan.
“Kadang satu bulan juga tidak ada job,” ujar Reva.

Keluhan dan kerpihatinan dua penyanyi lokal ini disampaikan saat ngobrol asyik pada program Satu Jam Bersama Bangdoi di BN Radio, di Jalan Bukit Kuala Sungailiat Kabupaten Bangka, Sabtu (31/7/2021).
Pengakuan dua penyanyi lokal tersebut tentu saja memberikan gambaran terhadap nasib para penyanyi dan pemusik di Bangka Belitung saat ini.
Cukup beralasan jika mereka mengalami penurunan tawaran manggung. Pasalnya, dengan kondisi pandemi yang belum berkurang hingga aklhir Juli 2021 ini, tentu berimbas kepada kebijakan pemerinah, mulai dari pemerintah pusat hingga ke daerah.

Sejatinya mereka ini adalah berprofesi meghibur publik melalui lagu dan musik, namun karena semakin sedikitnya perayaan yang membutuhkan jasa hiburan, maka para penyanyi dan pemusik tidak mendapatkan ruang yang cukup untuk beraktivitas.
“Kita pahamlah Bang, karena kondisi inilah yang membuat kami para penyanyi harus memahami keadaan. Tetapi sampai kapan ya pandemi ini akan berakhir,” tukas Kiki.

Baik Kiki maupun Reva berharap corona segera berlalu, sehingga aktivitas mereka bisa kembali normal seperti sebelum pandemi.
Saat ini tidak banyak yang bisa dilakukan Kiki maupun Reva. Selain menunggu tawaran manggung, mereka terus mengasah olah vokal dan meningkatkan kualitas menyanyi.
Mereka yakin, ketika pandemi ini berakhir, maka kehidupan akan kembali normal, dan hiburan akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Karena itu, kualitas menyanyi harus diasah, agar semakin baik.
“Sehari-hari kalo saya berlatih dengan cara melihat para penyanyi di youtube. Saya ikuti dan saya ambil hal-hal yang baik, dan saya coba terapkan,” tukas Kiki.
Hal yang sama juga dilakukan Reva. Gadis yang baru saja lulus SMP ini, juga menjadikan youtube sebagai salah satu sarana untuk terus mengasah kualitas menyanyi.

“Saya juga belajar secara private dengan seorang guru di Kace. Saya belajar satu kali dalam seminggu. Belajar dengan guru ini sangat membantu meningkatkan kualitas suara dan trik-trik mengolah suara yang baik,” ucap Reva.
Saat ini keduanya menyandang gelar Runner Up 1 Putri Dangdut Babel 2021 untuk Kiki, dan Putri Tersosmed Dangdut Babel 2021 untuk Reva.

Bagi keduanya, penghargaan ini juga menjadi pemicu semangat untuk terus menggeluti musik dangdut, sebagai profesi yang bisa menjadi sandaran untuk menunjang perekonomian keluarga.
“Usia saya masih muda. Saya ingin membahagiakan orang tua, melalui prestasi dari jalur musik dangdut ini,” tukas Reva. (BN11)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *