oleh

Serius Kembangkan Pariwisata Digital di Babel, Erzaldi Gandeng AllNorth

BANGKA-BELITUNG, BNBABEL.COM — Perkembangan teknologi informasi yang berkembang lesat saat ini turut berdampak positif terhadap pengembangan dunia pariwisata daerah.

Adanya peran teknologi guna mengembangkan konsep pariwisata digital diharapkan dapat memudahkan wisatawan yang akan berkunjung ke Bangka-Belitung untuk menentukan sendiri tempat-tempat yang akan dikunjungi sesuai budget yang dimilikinya.

Program itu lah yang coba ditawarkan oleh AllNorth, sebagai wadah perkumpulan warga Indonesia yang menetap di Canada kepada Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, Erzaldi Rosman sebagai kepeduliannya untuk kemajuan daerah.

Ketertarikan Erzaldi dengan apa yang disampaikan oleh Presiden Director AllNorth, Rizanoel Irvin Latif, terlihat saat mendengarkan pemaparan tersebut di Rumah Dinas Gubernur, Kamis (03/06) petang.

Gubernur mengatakan apa yang telah disampaikan oleh AllNorth ini merupakan keinginannya selama ini untuk mengembangkan Pariwisata di Bangka Belitung.

Berbagai fitur yang ada dari TripBabel yang merupakan produk digital dari AllNorth itu menurutnya akan memudahkan pelancong yang datang ke Bangka-Belitung.

Dimulai dari perencanaan pilihan akomodasi, transportasi, penginapan hingga titik-titik destinasi yang akan dikunjungi sudah tertera di aplikasi tersebut disesuaikan dengan keuangan yang dimiliki wisatawan.

Termasuk yang lebih membuat gubernur tertarik ialah adanya pemberdayaan masyarakat dan pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dengan menampilkan produk maupun sentra-sentra UMKM tersebut berada.

Namun Erzaldi mengingatkan harus ada standar-standar yang mesti dipenuhi agar bisa memberikan kepuasan bagi para pengunjung.

“Aplikasi ini akan menjadi guide/pemandu wisata pribadi. Kita bisa bebas memilih kemanapun kita akan pergi ke titik-titik destinasi wisata” ungkapnya.

Ia yakin aplikasi ini akan membuat kunjungan wisatawan ke Bangka-Belitung dapat meningkat.

Oleh karena itu Erzaldi menyarankan agar AllNorth bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam pelaksanaannya. Sedangkan terkait data dan kurasi UMKM, pihaknya akan siap berkolaborasi.

Sementara itu Presiden Director AllNorth, Rizanoel Irvin Latif, dan Bussines Development, Priandona Ogansyah, dalam paparannya menjelaskan Konsep Aplikasi BabelTrip mengakomodir Pre-trip, On-trip hingga After-trip yang akan membagikan kepuasan pengalaman wisata di Bangka-Belitung.

Selain itu destinasi wisata dalam aplikasi ini juga menampilkan transportasi, akomodasi, kuliner, aksi dan atraksi, hingga channel promosi dan pemasaran.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan memberdayakan masyarakat sekitar dan pelaku UMKM dengan melakukan training sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Ikut mendampingi Gubernur dalam kesempatan itu Kepala Dinas Disbudparpora Babel Suharto.

Jurnalis: JAM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *