oleh

Sejarah Baru, Tim Medis Amerika Berhasil Transplantasi Jantung Babi ke Manusia

BANGKA, BNBABEL.COM – Tim dokter dan peniliti dari University of Maryland School of Medicine di Amerika Serikat mencetak sejarah telah berhasil melakukan operasi transplantasi jantung babi ke manusia atau xenotransplantasi. Keberhasilan ini membuktikan bahwa jantung hewan yang telah di modifikasi secara genetik dapat berfungsi seperti jantung manusia, tanpa adanya penolakan secara langsung oleh tubuh manusia.

FDA yang merupakan Badan Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat telah memberikan ijin darurat untuk melaksanakan proses operasi transplantasi jantung tersebut. Pada malam tahun baru 2022 yang lalu, David Bennet usia 57 tahun yang tengah mengalami sakit jantung dan sedang sekarat menjadi pasien pertama penerima jantung babi. Hal ini disebabkan karena David Bennet tidak memenuhi persyaratan untuk dilakukan tranplantasi jantung konvensional.

Di kutip dari situs resmi University of Maryland School of Medicine Selasa 11 Januari 2022, Bartley P Griffith seorang Profesor Bedah Transplantasi yang juga turut terlibat dalam operasi tersebut menuturkan bahwa operasi itu merupakan terobosan yang akan membawa selangkah lebih dekat dalam memecahkan Krisi kekurangan organ. Menurutnya, selama ini masih mengalami kekurangan ketersediaan donor organ manusia.

Bartley katakan seluruh proses operasi transplantasi dikerjakan oleh tim dokter dengan sangat hati-hati. Meski, baru pertama kali dilakukan di dunia mereka cukup optimis jika transplantasi jantung babi itu dapat berjalan dengan sukses dan akan memberikan terobosan penting bagi penanganan pasien di masa depan.

Sementara bagi David Bennet sebelumnya telah diberitahu bahwa operasi yang akan dilakukan masih eksperimental, artinya operasi bisa berhasil membawa kesembuhan atau sebaliknya membawa kematian. Dan David telah menyetujui segala resiko karena kondisinya sedang kritis.

Perlu diketahui bahwa David telah dirawat di rumah sakit sudah lebih dari enam Minggu dengan aritmia mengancam jiwa, yang mana tubuhnya selalu terhubung dengan mesin bypass jantung-paru.

Tim dokter akhirnya berhasil melakukan operasi transplantasi jantung babi ke manusia yang pertama kali di dunia setelah melewati operasi selama beberapa jam. Setelah tiga hari pasca operasi, tubuh David dapat menerima organ asing dengan baik. Hingga kini tim dokter terus memantau perkembangan medis tersebut.

“Operasi ini merupakan puncak dari penelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun dan sangat rumit. Kami mengasah tehnik ini pada hewan dengan waktu bertahan hidup mencapai lebih dari sembilan bulan. Prosedur operasi ini dapat membantu tenaga medis untuk meningkatkan metode yang berpotensi bisa menyelamatkan pasien di masa depan,” ujarnya.

Bartley bersama tim peneliti lainnya telah selama lima tahun terus melakukan penyempurnaan tehnik bedah transplantasi hati babi ke primata. Keberhasilan xenotransplantasi bergantung pada kombinasi yang tepat dari modifikasi genetik pada babi donor eksperimental dan obat anti penolakan, dan senyawa eksperimental.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *