oleh

Sambut Idul Fitri, Karang Taruna Desa Batu Belubang Serahkan Santunan untuk Yatim Piatu

BANGKA TENGAH, BNBABEL.COM – Karang Taruna Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah menyalurkan santunan kepada 38 anak yatim-piatu di desa tersebut, Minggu (09/05/2021) sore.

Penyerahan santunan tidak dilakukan di satu tempat, akan tetapi dengan cara dengan mendatangi rumah anak-anak yatim-piatu. Santunan berupa uang tunai itu diserahkan para pengurus karang taruna kepada anak yatim piatu atau wali mereka.

“Menyambut lebaran Idul Fitri ini, kita ingin sedikit membantu adik-adik kita yatim piatu untuk bisa merayakannya, setidaknya bisa menambah uang jajan mereka di hari raya,” kata Ketua Karang Taruna Desa Batu Belubang Temy Afandy.

Pengurus Karang Taruna bersama beberapa anak yatim piatu yang menerima santunan.

Ia mengatakan, pada Ramadhan kali ini mereka melakukan penggalangan dana untuk bisa memberikan santunan kepada anak yatim piatu.
Penggalangan dilakukan kepada masyarakat, pedagang pasar malam, kolektor timah, nelayan, donasi anggota DPD RI, maupun sumbangan para anggota karang taruna sendiri.

Dari penggalangan tersebut diperoleh uang tunai sebesar Rp. 6.000.000,- dan disalurkan kepada 38 anak-anak yatim piatu di Desa Batu Belubang.

“Alhamdulillah, walaupun tidak seberapa besarnya, semoga bermanfaat buat adik-adik yatim piatu.
Terima kasih kepada para donatur yang sudah membantu,” ucap Temy.

Ia menjelaskan, penyaluran santunan dengan menyambangi rumah anak-anak yang akan disantuni, bertujuan untuk mengurangi kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan sesuai anjuran pemerintah.

Awalnya, kata Temy, para panitia sudah mengagendakan sejumlah kegiatan Ramadhan Berbagi tahun ini, yakni santunan yatim piatu disertai buka puasa bersama di masjid, serta pawai obor dan takbir keliling di malam lebaran.

Akan tetapi sejumlah rencana tersebut ditiadakan karena masih adanya kasus Covid-19 di sejumlah desa dan guna mematuhi imbauan pemerintah untuk membatasi kegiatan yang mengumpulkan massa. Panitia mengantisipasi agar jangan sampai timbulnya klaster baru akibat kegiatan yang mereka selenggarakan.

“Selain santunan, semua kegiatan kita batalkan demi kebaikan bersama.
Dan santunan kita lakukan dari rumah ke rumah, tidak fokus di satu tempat tanpa adanya kerumunan.
Cara ini tidak mengurangi makna dan semangat Ramadhan Berbagi yang kita lakukan,” jelasnya.

Anggota DPD RI HA Hudarni Rani menyampaikan apresiasi atas rasa peduli karang taruna dalam mengisi bulan suci Ramadhan melalui kegiatan bermanfaat dan bernilai ibadah.

Ia berharap kegiatan positif seperti ini terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya.
Dan masyarakat dapat ikut mendukung dengan memberikan donasi untuk membantu anak-anak yatim piatu di desanya.
Dengan demikian santunan yang diberikan dapat mengurangi beban kebutuhan dalam menyambut lebaran Idul Fitri.

“Alhamdulillah, ini kegiatan yang bermanfaat bagi sesama.
Tadinya saya ingin hadir tapi karena ada sesuatu hal, saya mendoakan semoga kegiatannya berjalan baik dan lancar,” kata Hudarni Rani.

Sebelumnya Senator asal Bangka Belitung ini menyempatkan hadir sebelum kegiatan dilaksanakan, untuk melihat langsung bakti sosial bersih-bersih kolam masjid yang dilakukan oleh karang taruna dan masyarakat. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *