oleh

Ringankan Beban Masyarakat, Bupati Bangka Serahkan KKS

BANGKA, BNBABEL.COM – Bupati Bangka, Mulkan SH. M.H menyerahkan secara simbolis Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) bagi Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) Tahun 2021 Kabupaten Bangka yang dilaksanakan di halaman Kantor Kelurahan Jelitik Kecamatan Sungailiat, Selasa (02/10/2021).

Program tersebut merupakan program dari Kementrian Sosial Republik Indonesia yang disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Bangka.

Dalam kesempatan tersebut, Mulkan menyampaikan ini merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial RI yang disalurkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Bangka kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Bantuan ini bertujuan untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat yang terkena imbas dari pandemi Covid 19,” kata Mulkan.

Untuk itu, ia berharap bantuan yang ketiga diberikan tersebut dapat dipergunakan dengan semestinya guna membangkitkan kembali perekonomian masyarakat di tengah masa sulit saat ini.

Ia juga menyarankan bantuan yang diterima tersebut jangan hanya digunakan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif.

“Bantuan sosial hanya bersifat stimulus dimana masyarakat yang menerimanya hendaknya berusaha semaksimal mungkin sehingga kedepannya sudah dapat mandiri atau tidak menerima bantuan lagi,” jelasnya.

Dikatakan, Bupati jika pihaknya akan mengevaluasi warga penerima bantuan manfaat dari pemerintah untuk mengetahui langsung perubahan sosialnya.

“Evaluasi ini perlu dilakukan karena bagi warga yang sebelum menerima bantuan dan dikemudian hari kondisi ekonomi keluarganya sudah layak tentu tidak diperbolehkan kembali menerima bantuan,” kata Mulkan.

Lebih lanjut, Mulkan meminta Masyarakat untuk melakukan vaksin setiap kegiatan Vaksinasi dimanapun berada, sehingga pandemi covid-19 di Kabupaten Bangka pada khususnya dan Indonesia pada umumnya cepat teratasi dan Kita bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

“Kelurahan juga harus melakukan pendataan bagi warga yang belum vaksin dan yang sudah vaksin, Kelurahan juga terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya vaksin covid-19 untuk menjaga kesehatan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangka, Bahrudin Bafa, menyampaikan bahwa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang diserahkan secara simbolis kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hari ini diberikan kepada masyarakat Kelurahan Jelitik kecamatan Sungailiat sebanyak 26 KKS.

Dikatakannya bantuan non tunai berupa buku tambungan dengan nilai saldo Rp200 ribu disalurkan bagi warga kurang mampu terdampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level empat yang diterapkan pemerintah.

“Saldo senilai Rp200 ribu yang disimpan di Bank BRI hanya diperbolehkan untuk membeli kebutuhan pokok yang sudah disediakan di e-warung,” jelasnya.

Bantuan non tunai KKS kata dia, disalurkan terhitung mulai dari Juli sampai Desember 2021 atau selama enam bulan dengan nilai total Rp1,2 juta.
Ia berharap bantuan yang telah di berikan ini bisa di pergunakan dengan baik guna membantu meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu selama pandemi Covid 19 ini,” pungkas Bupati Mulkan.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *