oleh

Rilis Survei Nasional, Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo Jadi Capres 2024

JAKARTA, BNBABEL.COM –  Lembaga Survei Politika Research & Consulting (PRC) serta Lembaga Survei Parameter Politik Indonesia (PPI) telah melakukan serangkaian survei nasional di 34 propinsi seluruh Indonesia, secara multi stage random sampling (secara acak) selama satu bulan mulai 12 November – 12 Desember 2021.
Survei Nasional ini dilakukan untuk menggambarkan kondisi politik nasional menyambut tahun baru 2022 mendatang.

“PRC dan PPI melihat tahun baru 2022 merupakan tahun baru yang sangat penting, karena tahun tersebut akan menjadi tonggak persiapan partai politik untuk memanaskan mesin politiknya,” ungkap Direktur Eksekutif PRC Rio Prayogo dalam diskusi virtual, Senin (27/12/2021)
Dalam rilis nasional tersebut, disebutkan bahwa elektabilitas Capres Top of The Mind paling layak diungguli adalah Ganjar Pranowo yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah sebesar 17,2%.
Disusul peringkat kedua adalah Ketua Umum Partai Gerinda Prabowo Subianto yang sekarang menjabat Sebagai Menteri Pertahanan RI Periode 2019-2024 sebesar 16,4 %.

Sedangkan diurutan ketiga ada Nama Anis Rasyid Baswedan yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Jakarta sebanyak 9,1 %.
Sementara itu untuk elektabilitas Cawapres, ada nama Sandiaga Salahudin Uno menempati urutan pertama dengan persentase 16,7 %. Selanjutnya disusul ada Ganjar Pranowo sebesar 12,4%, dan urutan ketiga ada nama Prabowo Subianto sebanyak 10,5%.

Serta Tokoh Calon Presiden yang dinilai mewakili anak muda (milenial) yaitu Sandiaga Salahudin Uno yang sekarang menjabat sebagai Menparekraf (menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)  dengan torehan 21,6 %.
Metode survei ini menggunakan metode wawancara  tatap muka, dengan tingkat kepercayaan survei ini adalah 95% dengan margin of error 2,5%, dan dilakukan quality control untuk menjaga akurasi dan dan realibilitas data yang diperoleh.

Sementara itu Direktur Eksekutif PPI Adi Prayitno mengungkapkan PDIP menjadi partai politik dengan elektabilitas tertinggi 19,2 persen menurut responden apabila pemilu dilakukan pada hari ini.
Posisi kedua dan ketiga ditempati oleh Gerindra dengan 13,3 persen dan golkar 7,6 persen.

Namun responden yang masih merahasiakan pilihannya masih cukup besar 18,7 perssen dan yang belum menentukan pilihan 12,8 persen.  (BN11)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *