oleh

Ratusan Warga Batu Belubang Sholat Id di Empat Titik, Karang Taruna Bagikan Masker

BANGKA TENGAH,BNBABEL.COM- Ratusan warga Desa Batu Belubang Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri 1442 H, di sejumlah masjid dan surau di desa itu, Kamis (13/05/2021).

Empat titik tempat pelaksanaan sholat Id, yakni Masjid Jami’ Baiturrahman Dusun Batu Belubang, Masjid Al Muhajirin dan Surau Al Ikhlas Dusun Pantai, serta Surau Baitul Hikmah Dusun Semujur Atas.

Penyebaran jamaah di beberapa tempat tersebut bertujuan untuk mengurangi kapasitas jumlah warga yang sholat, guna mengantisipasi penyebaran dan penularan virus Corona.

“Karang taruna dibantu beberapa remaja masjid membagikan masker gratis untuk para jamaah yang akan memasuki areal masjid dan surau, guna mencegah penyebaran Covid-19,” kata Ketua Karang Taruna Desa Batu Belubang Temy Afandy.

Protokol kesehatan tetap dilakukan, seluruh jamaah yang hendak memasuki pelataran masjid dan surau diwajibkan memakai masker.

Para jamaah juga diperiksa suhu badan menggunakan thermogun serta mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki masjid atau surau.

Meski sudah ada imbauan, namun masih banyak jamaah yang tidak memakai masker. Karena itu karang taruna setempat menginisiasi penyediaan masker.

Dikatakan Temy Afandy, hampir 1000 lembar masker kain dan masker medis dibagikan. Masker tersebut berasal dari sumbangan berbagai pihak, antara lain distributor Djarum Super sebanyak 650 pcs, Yayasan BPJ 200 pcs serta donasi individu Arman, Kabid Dinsos PMD Bangka Tengah sejumlah 250 pcs masker dan sabun cuci tangan.

Karang taruna mengerahkan pengurus dan anggota serta melibatkan remaja masjid untuk membagikan masker tersebut. Mereka menyebar di masjid-masjid dan surau-surau.

“Pembagian masker sebagai upaya mematuhi protokol kesehatan ini guna memberikan kenyamanan bagi jamaah dalam beribadah sholat Id selama pandemi Covid-19,” terangnya

Pelaksanaan sholat Id di sejumlah masjid dan surau di Desa Batu Belubang dimulai pukul 07.15 Wib berlangsung tertib dan lancar.

Di Masjid Jami’ Baiturrahman, sholat Id dipimpin imam Urip Usi dan khotib Sulhatta dengan khutbah mengupas momentum lebaran bersama orangtua. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *