oleh

Raih PPD Terbaik Se- Indonesia, Pemkab Bangka Dedikasikan Penghargaan Untuk Stake Holder dan Masyarakat

SUNGAILIAT , BNBABEL.COM –
( 5/5), Bulan Ramadhan 1442 Hijriyah sangat istimewa bagi Pemerintah Daerah Kabupaten ( Pemkab) Bangka.
Kenapa tidak?, Ramadhan kali ini Pemkab Bangka berhasil meraih 3 penghargaan bergengsi di bulan suci ini.

Setelah mendapat penghargaan Akuntabilitas Kinerja terbaik dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( PAN-RB). Kemudian berhasil meraih penghargaan Opini WTP untuk pengelolaan ekonomi daerah dari BPK yang kemudian puncak keberhasilan Pemkab Bangka dinobatkan sebagai Pemkab dengan Pembangunan Terbaik Se- Indonesia dengan menyisihkan 416 Pemkab Lain dari Seluruh Indonesia.

Penghargaan Pembangunan Daerah merupakan penghargaan paling prestisius di Indonesia. Hanya di berikan kepada 3 daerah yang memiliki Perencanaan Pembangunan Paling terbaik.

Pencapaian pembangunan terhebat dan inovasi pembangunan terkeren karena tingkat prestisius nya sangat tinggi.
Penghargaan Pembangunan Daerah terbaik ini di berikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia ( RI) Joko Widodo dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional yang dilaksanakan secara dalam virtual di Jakarta, Selasa.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Menjadi pemenang pertama dikuti peringkat kedua Pemkab Banggai, dan peringkat ketiga jatuh pada Pemkab Hulu Sungai Selatan.
Di nobatkan sebagai penerima penghargaan terbaik, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka merasa puas karena penghargaan ini adalah perbaikan dari tahun 2020 yang mana Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka menduduki Peringkat ketiga dalam hal perencanaan pembangunan tersebut.

Bupati Bangka Mulkan SH, MH menjelaskan bahwa keberhasilan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka menjadi peringkat pertama di Indonesia di samping kualitas pembangunan yang mumpuni sehingga mampu mengakses seluruh pencapaian target makro dan inovasi pembangunan, juga karena Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka benar – benar menerapkan Collaborative Government berbasis Pentahelix dalam keberhasilan pembangunan.

Penghargaan peringkat pertama Pembangunan Daerah ini sekaligus pembuktian pencapaian visi ” Bangka Setara” yang di canangkan telah mendekati kenyataan.

” Secara relatif kami optimis insya allah dengan diraihnya penghargaan ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka sudah setara dengan daerah – Daereh terbaik di Indonesia. Kami dedikasikan penghargaan ini kepada seluruh stake holder Bangka Setara yang berbasis Pentahelix, kami di dedikasikan kepada seluruh kepada seluruh komponen pemerintah daerah, masyarakat, pelaku usaha, akademisi dan media masa” Ungkap Mulkan.

Sementara, Wakil Bupati Bangka Syahbudin SIP menyatakan bahwa tahun 2020, tahun dimana terjadi kontraksi perekonomian yang terjadi di seluruh Indonesia akibat Covid -19.
Dari itu dirinya mengaku Bangka ditengah situasi kontraksi ekonomi global, namun Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka justru meraih Penghargaan terbaik Pembangunan daerah tingkat Nasional.

” Pembangunan dan perekonomian kami justru relatif mengalami perbaikan yang ditunjukan dengan pelampauan target pembangunan utama pada tahun 2020.
Pertumbuhan ekonomi justru hanya sedikit yang mengalami.
Sementara indikator pembangunan lain seperti tingkat kemiskinan, gini rasio, indeks pembangunan manusia hingga indeks pelayanan publik semuanya mengalami perbaikan. Mengungguli pencapaian pembangunan daerah lain di Indonesia dan juga melampaui pencapaian pembangunan nasional. Kedepan kami terus bertekad untuk membuat sinergi Collaborative government dan pentahelik dalam pembangunan sekaligus bertekad untuk menjadikan kabupaten Bangka menjadi lebih baik” , Ujar Wakil Bupati Bangka.

Kepala Bapeda Ir. Panbudi Marwoto menyampaikan bahwa keberhasilan pembangunan terbaik di Indonesia tidak terlepas dari kualitas perencanaan dan inovasi pembangunan kami yang relatif lebih baik sehingga berhasil menstimulasi perekonomian dan pembangunan juga menjadi lebih baik.

” Kami mengakselerasi pembanguan dengan mengedepankan berbagai program unggulan yang mendukung pertumbuhan ekonomi, mengatasi pengangguran dan mengatasi ketimpangan pendapatan, mengatasi kemiskinan, meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan dan semuanya disertai dengan inovasi yang berkualitas. Kami sungguh-sungguh bersyukur Allah SWT, karena telah memudahkan semua urusan perencanaan, pembangunan dan inovasi yang kami lakukan sehingga saat ini kami dinobatkan sebagai peringkat pertama penghargaan bergengsi pembangunan nasional” Ungkap Kepala Bapeda.

Penulis : IR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *