back to top
30.2 C
Pangkalpinang
BerandaBangka BelitungBangkaPT Timah Tbk Tingkatkan Inisiatif Penanaman Mangrove dan Pohon Buah

PT Timah Tbk Tingkatkan Inisiatif Penanaman Mangrove dan Pohon Buah

PANGKALPINANG, BNBABEL – Ekosistem mangrove diakui memiliki kapasitas penyimpanan karbon yang tinggi yang secara efektif membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan meredam dampak perubahan iklim.

Oleh karena itu, PT Timah Tbk, sebagai anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID, terus memperkuat upayanya dalam mendukung keberlanjutan lingkungan melalui program penanaman mangrove yang telah mereka lakukan secara konsisten.

Pada bulan September lalu, perusahaan tersebut berhasil menanam sebanyak 3000 batang mangrove di wilayah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan di Pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Selain program penanaman mangrove, PT Timah Tbk juga turut berkontribusi dalam mengatasi polusi udara di Provinsi Kepulauan Riau dengan menggalakkan penanaman ratusan pohon buah di Kecamatan Kundur Barat. Pohon-pohon yang ditanam meliputi berbagai jenis pohon buah dan pohon produktif lainnya.

Program penanaman pohon dan mangrove ini sejalan dengan inisiatif “Gotong Royong Boyong Pohon” yang dicanangkan oleh Kementerian BUMN. PT Timah Tbk melibatkan berbagai pihak, termasuk masyarakat, karyawan perusahaan, dan para pelajar di wilayah operasionalnya dalam menjalankan program ini.

Masyarakat setempat menyambut program penanaman mangrove ini dengan antusias. Kamora, seorang warga Belo Laut, Kabupaten Bangka Barat, mengharapkan bahwa melalui penanaman mangrove ini, ekosistem biota laut yang sebelumnya terganggu dapat pulih.

“Dengan menghijaukan lahan di sepanjang pantai, kami berharap ekosistem laut bisa kembali berkembang dan melimpah, sehingga masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan udang, ikan, dan berbagai sumber daya laut lainnya,” ujarnya, Kamis (05/10/2023).

Kepala Desa Sawang Laut, Jefrizal, juga menyatakan bahwa lokasi penanaman mangrove memiliki potensi yang baik untuk pertumbuhan mangrove yang sehat. Dia optimis bahwa penanaman mangrove ini dapat membantu mengatasi permasalahan abrasi pantai dan berpotensi menjadi destinasi wisata yang baru di wilayah tersebut.

Keberadaan mangrove juga memberikan dampak positif pada ekonomi masyarakat setempat. Ekosistem mangrove yang sehat mendukung pertumbuhan berbagai biota laut, yang pada gilirannya meningkatkan penghasilan nelayan dan masyarakat sekitar.

Camat Kundur Barat, Yusufian, yang turut serta dalam penanaman ratusan pohon buah, mendukung penuh kegiatan tersebut. Dia menyatakan bahwa program penanaman ini sangat baik dalam mengurangi polusi udara dan membuat kawasan tersebut menjadi lebih hijau dan asri.

“Kegiatan penanaman ini sangat bermanfaat, bibit-bibit yang ditanam hari ini akan kami rawat agar tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga akan memberikan manfaat bagi masyarakat,” ucapnya. (*)

latest articles

explore more

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini