oleh

PT Thorcon Investasi Rp 17 T Membangun PLTT, Arbi Leo: Ini Momentum Revolusi Industri Babel

BANGKA, BNBABEL.COM — Beberapa waktu lalu PT Thorcon telah melakukan MOU (nota kesepahaman) dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk berinvestasi di Bangka Belitung.

Tak tanggung-tanggung, nilai investasi PT Thorcon ini sangat fantastis mencapai Rp17 Triliun. Direncanakan PT Thorcon akan melakukan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT).
Guna merealisasikan rencana besar dan strategis ini, manajemen PT Thorcon kembali mendatangi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (14/8/2021).

Selain ingin menindaklanjuti rencana investasi fantastis tersebut dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, manajemen PT Thorcon juga menjadwalkan mengunjungi PT Bersahaja di Kabupaten Bangka.

Kunjungan yang kedua kalinya ini dalam rangka bersilahturahmi dan berdiskusi terkait rencana PT Thorcon melakukan pengembangan pembangunan PLTT di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menanggapi rencana dan keinginan PT Thorcon ini, Direktur Utama PT Bersahaja Arbi Leo menyatakan sangat mengapresiasi rencana PT Thorcon tersebut.

Arbi juga menyambut baik kedatangan dan kunjungan PT Thorcon yang diwakili Chief Operating Officer Bob S Effendi.
Dalam kunjungan sekitar dua jam tersebut, kedua Direksi dari kedua perusahaan tersebut saling bertukar pikiran dan menjelaskan visi masing-masing tentang bagaimana membangun daerah khususnya Bangka Belitung.

Kedua Direksi ini juga saling mendukung guna merealisasikan pembangunan PLTT di Bumi Serumpun Sebalai.
Dijelaskan Arbi, jika rencana ini terwujud, bisa menjadi momentum terjadinya revolusi industri yang selama ini ditunggu-tunggu masyarakat Bangka Belitung.
“Jika proyek strategis ini terealisasi, akan berdampak kepada pertumbuhan industri di Bangka Belitung. Tentu muara dari rencana ini adalah terjadinya revolusi industri besar-besaran di Provinsi Babel,” tukas Arbi.

Menurut Arbi, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah dianugerahi kekayaan alam yang bernilai strategis di mata dunia, salah satunya adalah mineral yang disebut Thorium.
Mineral ini merupakan bahan baku Pembangkit Listrik Tenaga Thorium.
Bahan baku yang menjadi harta karun Bangka Belitung ini terkandung dalam mineral ikutan atau Logam Tanah Jarang (LTJ) yang banyak tersedia di Pulau Bangka dan Belitung.

“Karena itu, kita wajib menjaga harta karun ini, agar bisa dimanfaatkan sebesar-sebesarnya untuk membangun Bangka Belitung,” tegas Arbi.
Diakui Arbi, sebagai putra daerah, Dirinya siap mendukung secara maksimal setiap pengembangan investasi potensi Sumber Daya Alam (SDA) di Bangka Belitung yang sesuai regulasi, sehingga dapat mendorong petumbuhan ekonomi maupun kemajuan daerah.

Sementara itu dari pihak PT Thorcon, Bob S Effendi mengatakan PLTT ini telah melalui perencanaan desain yang memiliki tingkat keselamatan tinggi dan dengan biaya murah, bahkan lebih murah dari batubara.
“PLTT ini bebas emisi. Dan juga PLTT ini dapat menjadi solusi transisi energi menuju Indonesia bebas karbon dan menjadi motor transformasi industri Bangka Belitung menjadi provinsi berbasis teknologi tinggi,” ujar Bob.

Penulis : BN 11

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *