oleh

Prada M Fathin Yunaz, Prajurit TNI Peraih Juara 3 Tilawah MTQH

Pangkalpinang – Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) XXIX Tingkat Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang, berakhir Selasa (16/03/2021) malam.

Dari 208 peserta yang tampil, terdapat satu-satunya sosok prajurit TNI yang tampil di podium tilawah remaja putra. Dialah Prada M Fathin Yunaz, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 011 Taman Sari.

M Fathin mewakili Kelurahan Bukit Merapin, tempat ia bertugas sejak dua bulan lalu.

Turun di cabang tilawah remaja putra, Fathin tidak merasa canggung tampil melantunkan ayat suci Al Qur’an dengan mengenakan seragam tentara di atas podium.

“Alhamdulillah, saya masih bisa meraih juara ketiga. Pengennya bisa mewakili kecamatan untuk ikut di MTQH Tingkat Kota Pangkalpinang,” ungkapnya ditemui usai menerima trophi pada malam penutupan, Selasa (16/03/2021).

Remaja yang baru 9 bulan menjadi prajurit TNI ini mengaku senang tampil kembali. Pasalnya Fathin sudah 2 kali mengikuti cabang tilawah tingkat kecamatan sejak usia anak-anak hingga remaja.

Pada tahun 2015, putra pasangan Yusran dan Nazlah, suami-istri yang berprofesi guru ini, menjadi runner-up tilawah anak-anak.

Dua tahun berikutnya, setelah remaja, Fathin kembali merebut juara 3 di cabang yang sama.

Keikutsertaan sulung dari 3 bersaudara dalam MTQH dilakoni seperti peserta lainnya. Ia harus mengikuti seleksi di kelurahan untuk bisa lolos ke tingkat kecamatan.

Kebiasaan mengaji sejak kecil di bawah bimbingan ke dua orangtuanya menjadi modal dasar baginya mengikuti lomba tilawah.

Setelah masuk sekolah tsanawiyah (setingkat SMP), ia memperdalam bacaannya dengan Umi Kalsum, guru yang juga qoriah tingkat nasional.

Sebagai seorang Babinsa yang dituntut selalu dekat dengan masyarakat, Fathin mengajak warga untuk bersama-sama mengikuti kegiatan syiar keagamaan. Terutama dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Selain sebagai ibadah, keikutsertaan saya ini untuk menggugah masyarakat agar termotivasi dalam kegiatan keagamaan seperti MTQH ini,” tuturnya.

Ia berharap peran besar orangtua ikut mendorong anak untuk belajar agama, terlebih dalam memakmurkan masjid.

Kelahiran 5 Juni 2001 ini mengaku, sejak mengikuti MTQH terus mendapat dukungan dari rekan-rekannya, termasuk unsur pimpinan.

“Terima kasih atas dukungan dari rekan-rekan prajurit TNI, terutamaa dari para pimpinan, Bapak Danramil 011 Taman Sari dan Bapak Dandim 0413,” ucapnya.

Senior Fathin di Koramil 011 Taman Sari, Sertu Suranto yang hadir pada malam penutupan mengaku bangga atas keberhasilan rekannya pada MTQH Gerunggang.

“Seluruh personel di koramil mendukung, kita ikut bangga dan bahagia,” ucapnya haru.

Pertama kali Fathin jadi Babinsa, kata Suranto, dirinya turut membimbing agar dalam bermasyarakat tidak menampilkan kesan sebagai tentara. Hal ini untuk menghilangkan rasa segan masyarakat saat berinteraksi dengan babinsa.

Terbukti cara tersebut berhasil. Diantaranya dengan keberadaan Fathin sebagai pengajar di salah satu Taman Pengajian Alqur’an (TPA).

“Saya laporkan ke Bapak Dandim dan disupport oleh beliau. Bangga semua sebagai rekan kerja,” kata Babinsa Kelurahan Kacang Pedang dan Bukit Sari ini.

MTQH ditutup Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Pangkalpinang Suparyono pada Selasa (16/03/2021).

Ratusan peserta dari kelurahan di Kecamatan Gerunggang turut berpartisipasi dalam gelaran dua tahunan ini.

Untuk MTQH kali ini, mempertandingkan sebanyak 9 cabang lomba yang berlangsung sejak 13-16 Maret 2021.

Kelurahan Bukit Merapin berhasil meraih gelar juara umum, disusul Tuatunu Indah dan Kelurahan Air Kepala Tujuh. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *