oleh

Polres Pangkalpinang Buka Posko Vaksinasi Massal Covid-19 untuk Masyarakat

PANGKALPINANG, BNBABEL.COM – Polres Pangkalpinang membuka sejumlah posko vaksinasi massal Covid-19.

Selain di klinik kesehatan Polres, posko juga berada di beberapa UPTD Puskesmas yang ditunjuk.

Kapolres Pangkalpinang melalui Kabag Ops AKP Andri Eko Setiawan mengatakan, kegiatan vaksinasi dilaksanakan serentak di wilayah hukum Polres Pangkalpinang dan jajarannya.

“Selain dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi guna memutus mata rantai penularan Covid-19, giat vaksinasi massal dilakukan dalam rangka gebyar Bakti Kesehatan “Bhayangkara untuk Negeri” menyambut HUT Bhayangkara ke-75 tahun 2021,” kata Andri, Jum’at (11/06/2021).

Dikatakannya, selama 20 hari ke depan hingga 30 Juni 2021, vaksinasi massal akan menyasar masyarakat di setiap RT di wilayah Kota Pangkalpinang, melalui posko-posko yang ditunjuk.

Antusiasme masyarakat mengantri untuk mendapatkan vaksinasi Sinovac Covid-19 di Klinik Kesehatan Polres Pangkalpinang.

Setiap hari disiapkan 80-100 vaksin Sinovac pada setiap posko. Sebelumnya warga sudah didata lebih dulu oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa melalui RT dan RW.

Pada pelaksanaan vaksinasi massal ini, kata Andri, pihaknya bekerjasama dengan Dinkes Kota Pangkalpinang.

“Untuk tempat vaksin yaitu Klinik Dokkes Polres Pangkalpinang dan UPTD Puskesmas yang telah ditunjuk dan dijadwal setiap harinya,” lanjut AKP Andri.

Pelaksanaan vaksinasi di Klinik Kesehatan Polres Pangkalpinang terpantau antusiasme warga untuk divaksin cukup tinggi. Terlihat dari antrian warga yang menunggu giliran untuk disuntik vaksin.

Meski demikian, warga tetap tertib dan mematuhi protokol kesehatan (prokes) serta mengikuti tahapan vaksinasi, antara lain melakukan pendaftaran, mengisi kartu kendali pelayanan, pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh dan skrining.

Pada bagian pemeriksaan ini, warga dipastikan layak atau tidak divaksin. Apabila hasil pemeriksaan tersebut tidak terdapat gejala apapun maka dilanjutkan penyuntikan vaksin.

Usai menjalani vaksinasi, warga kembali diperiksa identitasnya dan sekaligus dilakukan pencetakan kartu telah melakukan vaksinasi.

AKP Andri Eko Setiawan mengimbau masyarakat yang akan melakukan vaksinasi agar menyiapkan identitas diri berupa KTP.

“Jangan lupa bawa KTP Pangkalpinang saat datang ke posko vaksinasi massal Covid-19. Untuk vaksinasi ini diutamakan warga lanjut usia (lansia),” ujarnya.

Ia menambahkan, jadwal posko vaksinasi di Puskesmas Kacang Pedang pada hari Senin, Selasa, dan Rabu. Sedangkan pada hari Jum’at dan Sabtu, masyarakat yang ingin divaksin bisa mendatangi Puskesmas Taman Sari Pangkalpinang. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *