oleh

Polda Babel dan TNI Kejar Terduga Teroris yang Diduga Melarikan Diri

PANGKALPINANG, BNBABEL.COM – Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memastikan mengerahkan personel kepolisian untuk mengejar Agus Setianto alias Abu Raffa, terduga teroris yang diduga melarikan diri dari ruangan pemeriksaan.

“Memang kemarin pada waktu pemeriksaan, yang bersangkutan melarikan diri. Dan sekarang sedang dalam pengejaran,” ungkap Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, kepada wartawan di Mapolda Babel, Jum’at (02/07/2021).

Selain pengejaran, kata kapolda, pihaknya juga sekaligus melakukan pengembangan. Karena, menurutnya, teroris tidak bekerja sendirian melainkan memiliki jaringan.

“Karena teroris atau orang-orang seperti ini tidak kerja sendirian. Pasti ada orang sekitarnya,” tambahnya.

Kapolda juga menyebut, selain jajaran kepolisian, proses pencarian Agus Setianto juga dilakukan dengan melibatkan TNI.

“Kita bekerja sama dengan semua, termasuk media agar pelaku dapat tertangkap. Dengan TNI sudah pasti, dengan TNI sudah jadi satu rangkaian lah. Tidak perlu khawatirkan lagi. Kita bersama-sama untuk mencari yang bersangkutan,” jelasnya.

Dia mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melindungi terduga teroris dalam pelariannya.

Menurutnya, perbuatan membantu serta melindungi teroris sama halnya dengan turut serta melakukan tindakan terorisme dan terancam Undang Undang tentang Terorisme.

“Intinya, jangan melindungi yang bersangkutan (terduga teroris). Karena melindungi yang bersangkutan berarti turut serta melakukan tindakan terorisme,” tegas Mantan Dirpoludara Korpolairud Baharkam Polri itu.

Anang berharap media turut membantu kepolisian untuk mencari keberadaan Agus Setianto. Ia meminta Kabid Humas Polda Babel Kombes Pol Maladi memberikan foto terbaru Agus Setianto agar dapat disebarluaskan dan diketahui keberadaannya oleh masyarakat.

“Ini ada foto yang terbaru. Tolong sebarkan, ya, rekan media. Sebarkan ke media sosial tidak apa-apa. Ingatkan kepada masyarakat apabila menjumpai yang bersangkutan atas nama Agus Setianto agar dilaporkan kepada kepolisian terdekat atau ke kabid humas,” pintanya.

Ia menegaskan, pihaknya akan terus menjaga situasi agar tetap kondusif dan tidak terpengaruh dengan peristiwa pelarian Agus Setianto.

“Tidak perlu khawatir kepada yang bersangkutan, cukup informasikan saja. Kita jamin situasi akan tetap kondusif. Kita akan jaga terus kondisi ini agar situasi tidak terpengaruh,” kata Anang Hidayat.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Laporan Informasi (LI) yang beredar, terduga teroris Agus Setianto diduga melarikan diri dari ruang pemeriksaan Polda Babel.

Agus Setianto diamankan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti-teror Mabes Polri, Rabu (30/06/2021), di kediamannya di Desa Kace, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka.

Pada proses pemeriksaan tersangka dijaga ketat anggota Satgaswil dalam kondisi kaki diborgol rantai dan tangan terikat borgol ties, di ruang pemeriksaan Polda Babel.

Akan tetapi pada Kamis (01/07/2021) sekitar pukul 03.30 WIB, anggota yang berjaga mengecek ruangan tersangka ternyata sudah tidak ada di tempat. Bahkan borgol rantai dan borgol ties sudah lepas tertinggal di lantai. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *