oleh

Pimpin Rapat Paripurna, Iskandar : Ini Usaha Pemerintah Dalam Penyesuaian Rencana Keuangan

BANGKA, BNBABEL.COM – DPRD Kabupaten Bangka gelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota keuangan dan rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2021 dan penyampaian hasil reses di ruang rapat paripurna gedung DPRD, senin (13/9/2021).

Ketua DPRD Bangka, Iskandar S. Ip mengatakan bahwa rapat paripurna ini digelar tindak lanjut dari paripurna penandatanganan nota kesepakatan perubahan KUA dan PPAS APBD tahun anggaran 2021 pada tanggal 6 september 2021.

“Perubahan APBD tahun anggaran 2021 ini merupakan usaha pemerintah daerah untuk menyesuaikan rencana keuangan dengan perkembangan yang terjadi, serta mengakomodir terjadinya pergeseran-pergeseran anggaran dilingkungan OPD. Dengan harapan penyerapan anggaran pada setiap program dan kegiatan di organisasi perangkat daerah dapat berjalan sesuai dengan target kinerja yang sudah direncanakan,” jelasnya.

Menurut Iskandar, rancangan perubahan APBD kabupaten bangka tahun anggaran 2021 yang telah disampaikan ini akan dibahas secara bersama antara badan anggaran DPRD dengan tim anggaran pemerintah daerah. Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dan mekanisme yang telah diatur dalam tata tertib DPRD bangka.

Adapun kegiatan reses adalah untuk menyerap dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan.

“Aspirasinya yang disampaikan dalam kegiatan reses tersebut terkait permasalahan-permasalahan umum seperti perbaikan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pertanian lain sebagainya. Adapun permasalahan mendasar yang hampir dirasakan oleh masyarakat kabupaten bangka saat ini adalah dampak pandemi covid-19 yang sangat berpengaruh besar terhadap stabilitas ekonomi dan tatanan sosial masyarakat,” terangnya.

Pasalnya hal itu perlu adanya untuk dapat segera diatasi agar masyarakat kembali merasakan kenyamanan dan ketentraman. Sementara itu, hasil kegiatan reses yang telah dilaksanakan oleh anggota DPRD akan dihimpun dalam pokok pikiran dengan harapan dapat menjadi bahan pertimbangan perencanaan pembangunan di kabupaten bangka.

“Kami berharap besar kepada pemerintah kabupaten bangka untuk bersinergi dalam merealisasikan aspirasi masyarakat tersebut dengan tetap memperhatikan skala prioritas program dan manfaatnya dalam kegiatan yang dibiayai anggaran pendapatan dan belajar daerah,” tutup ketua DPRD bangka.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *