back to top
25.5 C
Pangkalpinang
BerandaBangka BelitungBangka BaratPesta Adat Dusun Belar Berlangsung Meriah, Wabup Bangka Barat: Jaga Adat Istiadat...

Pesta Adat Dusun Belar Berlangsung Meriah, Wabup Bangka Barat: Jaga Adat Istiadat Kita

BANGKA BARAT, BNBABEL.COM — Pesta Adat Dusun Belar, Desa Ibul, Kecamatan Simpang Teritip yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat, Sabtu (21/05) pagi berlangsung meriah.

Berbagai macam acara ditampilkan dalam perhelatan adat yang telah masuk ke dalam list even agenda pariwisata Kabupaten Bangka Barat ini, salah satunya arak-arakan khitanan yang diiringi kesenian rudat oleh warga setempat.

Pesta Adat Dusun Belar sudah dilaksanakan sejak 47 tahun lalu dan masih dipertahankan hingga kini.

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming yang hadir dalam acara menekankan pentingnya pendidikan bagi generasi muda agar memiliki daya saing, tidak hanya di tingkat kecamatan, tapi juga persaingan dengan kabupaten lain.

“Insya Allah, pertama dari sisi pendidikan, kita harus mempersiapkan diri bahwa anak-anak muda harus mampu bersaing dengan kecamatan lain. Mereka harus siap dan matang untuk bersaing, tidak hanya dengan kecamatan sekitarnya, tetapi juga dengan kabupaten lain. Itu menjadi fokus utama kita,” ujar Bong Ming Ming.

Di samping itu Wabup pun menekankan pentingnya menjaga dan mengembangkan adat istiadat, agar tidak terkontaminasi pengaruh budaya luar yang cenderung merusak.

“Anak-anak muda harus menjaga adat istiadat dan mengembangkannya. Dengan menjaga adat istiadat, kita dapat memperkuat kebudayaan kita dan melindungi diri dari pengaruh budaya luar yang cenderung merusak,” tegasnya.

Menurutnya hal itu harus menjadi komitmen bersama Pemda dan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga dan memperkuat adat istiadat dengan didukung oleh agama.

Wakil Bupati Bangka Barat juga menekankan komitmen pemerintah dalam menjaga kelestarian adat dan berharap kepada generasi muda untuk selalu berinovasi dan melakukan hal-hal positif.

“Komitmen pertama adalah menjaga kelestarian adat istiadat, sedangkan komitmen kedua adalah mendorong generasi muda untuk berinovasi dan terus melakukan sesuatu yang positif. Dengan demikian, upaya kita tidak hanya dikenal di kecamatan atau kabupaten, tapi juga diakui di tingkat nasional,” tegasnya.

Dalam acara, wakil bupati juga memberikan apresiasi kepada masyarakat Dusun Belar yang telah berupaya mempertahankan adat dan budaya mereka.

Oleh karena itu, Bong Ming Ming menyatakan pemerintah akan terus mendukung upaya-upaya tersebut dan berharap agar generasi muda dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga kelestarian adat dan mengembangkannya secara positif. (Julian/Rd)

latest articles

explore more

Arsip berita

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini