oleh

Perluas Akses Layanan Publik, Aplikasi SP4N-LAPOR! Rambah Layanan Pesan Digital

Jakarta, BNBABEL — Guna mengoptimalkan layanan aduan masyarakat berbasis digital, pemerintah telah memperluas jangkauan aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional atau SP4N-LAPOR! melalui aplikasi LINE, Telegram, dan Facebook Messenger.

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa menyampaikan fitur social media handler pada aplikasi LAPOR! mempercepat respon yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Secara garis besar terdapat dua peningkatan fitur aplikasi SP4N-LAPOR! yang telah resmi diluncurkan, yaitu aplikasi mobile admin instansi dan fitur social media handler. Sasaran yang dituju tidak hanya dari sisi pengelola pengaduan, namun juga dari sisi masyarakat sebagai pengguna,” ujarnya saat membuka kegiatan Peluncuran dan Bimbingan Teknis Aplikasi Mobile untuk Pengelola SP4N- LAPOR! dan Fitur Social Media Handler secara virtual, Senin (29/03).

Diah mengatakan selain untuk aspek kecepatan, pengembangan fitur ini dilakukan guna memperkenalkan dan memperluas jangkauan SP4N-LAPOR!, khususnya masyarakat yang selama ini menggunakan LINE, Telegram, dan Facebook Messenger.

Ekspansi SP4N-LAPOR! ke tiga paltform tersebut diharapkan mendorong masyarakat agar dapat memanfaatkannya untuk layanan pengaduan, permintaan informasi, dan penyampaian aspirasi.

Diah pun menegaskan yang terpenting adalah komitmen setiap penyelenggara pelayanan publik untuk menyelesaikan setiap aduan terkait pelayanan.

SP4N-LAPOR! juga menghadirkan fitur mobile admin, yang ditujukan bagi pengelola aplikasi pengaduan tersebut.

Fitur ini diharapkan dapat memudahkan pengelolaan SP4N-LAPOR! dari berbagai perangkat, sehingga tidak hanya terbatas pada komputer saja, agar setiap aduan yang masuk dapat diakses dan dipantau langsung melalui aplikasi yang ada pada sistem Android dan iOS.

“Dengan kemudahan akses tersebut, kami berharap aduan yang masuk dapat semakin cepat untuk ditindaklanjuti sehingga tingkat kepercayaan masyarakat juga dapat meningkat pada aplikasi SP4N-LAPOR!,” ungkap Diah.

Pada kesempatan yang sama Asisten Deputi Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Yanuar Ahmad, menyampaikan saat ini masyarakat dapat menyampaikan permintaan informasi, masukan dan saran melalui beberapa kanal SP4N-LAPOR! di antaranya ialah website www.lapor.go.id, SMS ke 1708, dan aplikasi Android dan iOS SP4N-LAPOR!

“Agar Pengelola SP4N-LAPOR! bisa lebih cepat dan responsif dalam melakukan pengelolaan pengaduan, Kementerian PANRB dengan bantuan USAID-Cegah telah mengembangkan aplikasi mobile untuk Admin Instansi dan Pejabat Penghubung,” ujarnya.

Berdasarkan data pengelolaan tahun 2020, SP4N-LAPOR! telah digunakan secara luas oleh 1.145.944 pelapor dan 46.041 admin pengelola yang tersebar di 657 instansi pemerintah.

Laporan yang dikirimkan pada tahun 2020 berjumlah 195.438 laporan, yang rata-rata per harinya kurang lebih 535-536 laporan.

Jurnalis: JAM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *