oleh

Perkuat Kewirausahaan Digital, Kominfo Gandeng Pemkot Makassar Latih 10 Ribu Warga

JAKARTA, BNBABEL.COM —Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Pemerintah Kota Makassar telah menargetkan 10 ribu masyarakat Makassar dan sekitarnya agar menjadi talenta digital.

Berdasarkan keterangan dari Siaran Pers Nomor 216/HM/KOMINFO/06/2021 tentang “Perkuat Kewirausahaan Digital, Kominfo Gandeng Pemerintah Kota Makassar Latih 10 Ribu Warga”, Hari Budiarto selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kementerian Kominfo menyatakan pihaknya bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan memberikan pelatihan bidang teknologi informasi dan komunikasi serta kewirausahaan digital melalui Program Digial Talent Scholarship (DTS) 2021.

“Kita targetkan untuk melatih masyarakat menjadi talenta digital. Program untuk bulan Juni sampai Desember 2021 dengan target 50 ribu talenta digital untuk lima kota. Salah satunya adalah Makassar dan sekitarnya,” papar Hary dalam Talen Talks Event Aga Kareba: Makin Jago Digital Makin Cepat Hilirasiasi Ekonomi Digital dari Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (18/06) lalu.

Ia mengatakan penyelenggaraan pelatihan dengan target itu telah didukung oleh pemerintah daerah, yang menurut dia Pemerintah ingin memberdayakan pelaku UMKM tidak hanya dalam skala lokal atau nasional saja, tapi juga internasional.

“Ada komitmen pemerintah daerah provinsi dan pemerintah kota untuk memberdayakan UMKM tidak hanya dalam skala lokal, tapi internasional. Kenapa 10 ribu talenta digital di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, karena selain pelatihan SDM itu juga pencanangan dari Walikota Makassar untuk mencetak 10 ribu wirausaha digital,” jelasnya.

Program DTS sendiri dikatakan dirancang untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran pentahelix.

“Pemerintah baik pusat atau daerah, komunitas/masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha, dan media. Semua berkolaborasi dan pemerintah menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital,” ungkap Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo itu.

Lanjutnya, Pemerintah Kota Makassar juga menargetkan pelaku UMKM untuk memasuki dunia digital dengan mendorong para pelaku UMKM menggunakan paltform usaha (marketplace) berbasis digital.

Sebelum mengikuti TalenTalks, Hary turut pula menyaksikan persiapan acara pelatihan kewirausahaan di salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Kota Makassar.

Adanya kolaborasi antara pengusaha, penyedia platform marketplace yang dukungan pemerintah ia nilai bisa mengoptimalkan potensi ekonomi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Tadi ke Mall Nipah. Di sana pengelola menyediakan gerai atau lapak untuk UMKM. Ada pula ruangan yang bisa digunakan untuk melatih jadi digital entrepreneur. Setelah selesai pelatihan, tiga bulan bisa membuka lapak di sana gratis. Meski perlu disempurnakan dengan menambah pamfelt atau tanda agar pengunjung mall bisa datang ke lokasi,” tuturnya menutup pembicaraan.

Penulis: JAM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *