oleh

Peringati HLH Sedunia, BFS dan PAI Tanam Anggrek di Pulau Anggrek Elsye Lestari

BANGKA, BNBABEL.COM – Bangka Flora Society (BFS) bersama Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Bangka Belitung dan Sahabat Alam (Salam) Upang mempunyai cara yang unik dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Pada hari Minggu (6/6), beberapa orang sahabat alam ditemani sejumlah pengunjung rela berbasah-basahan menanam berbagai jenis anggrek di Pulau Anggrek Elsye Lestari, Kawasan Biodeversity Sungai Upang Desa Tanah Bawah Bangka Belitung.

Menurut Sekretaris PAI Babel, Yuli Thulistianto, beragam jenis bibit anggrek ditanam dalam rangka mengembalikan kawasan yang sempat rusak akibat kebakaran.

“Hari ini kami mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia. Sahabat alam dari Bangka Flora Society, PAI Bangka Belitung dan Salam Upang melakukan restorasi kawasan berupa penanaman kembali beberapa jenis anggrek Bangka Belitung, mengembalikan kawasan yang sempat rusak akibat kebakaran hutan,” ujar Tulis.

“Kita berharap kegiatan ini bisa memperkaya keragaman flora yang ada di kawasan Biodeversity Sungai Upang ini, khususnya anggrek Bangka Belitung. Ada 54 bibit dari 5 species yakni gramatophyllum, phalaenopsis, arachnis, bulbophyllum dan cymbidium yang kita tanam. Penanaman anggrek hari ini merupakan aksi nyata sumbangsih kami dalam memperingati hari lingkungan hidup sedunia,” tambah Pak Tulis.

Sementara itu Merisa yang ikut melakukan penanaman menyampaikan rasa bahagianya. Ditemani pasangannya Aji, mereka sengaja datang dari Pangkalpinang untuk menanam langsung anggrek koleksinya.

“Ini kunjungan pertama ke Sungai Upang. Kami sangat senang karena diberikan kesempatan melihat dan mengenal jenis-jenis anggrek yang ada. Kami juga diajak menanam langsung anggrek koleksi yang kami sumbangan untuk tempat ini. Hal itu menimbulkan kesan tersendiri, kami mendapat pengalaman baru sehingga menambah kecintaan terhadap tanaman anggrek,” ujar Merisa.

Selain penanaman anggrek, dilakukan juga diskusi lingkungan yang dihadiri Ketua BFS Dian Rossana Anggriani, Ketua Salam Upang Hormen dan beberapa sahabat alam.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *