oleh

Peringati HARI PENYIARAN NASIONAL (Hasiarnas), Erzaldi Harap Dunia Penyiaran Menjadi Katalis Ekonomi Nasional

Bangka-Belitung, BNBABEL.COM— Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, turut mengucapkan selamat Hari Penyiaran Nasional (Hasiarnas) ke-88 tahun yang bertepatan pada hari ini, 1 April 2021.

 

Dalam siaran rilisnya, Erzaldi mengemukakan sejatinya dunia penyiaran tidak hanya membantu setiap insan untuk mendapatkan informasi sesuai kebutuhannya.

 

Namun juga bisa dioptimalkan perannya guna membangkitkan roda perekonomian nasional, apalagi di masa ‘paceklik’ pandemi COVID-19 saat ini.

 

Karena itu ia mengingatkan supaya memanfaatkan momentum Hari Penyiaran Nasional ini agar bisa menunjang rangkaian proses digitalisasi penyiaran nasional menuju sistem analog switch-off pada tahun 2022 mendatang, sebagaimana amanat UU nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

 

“Selamat hari penyiaran nasional yang ke-88. Semoga keberkahan selalu bersama kita menuju kejayaan Indonesia,” tutupnya optimistis.

 

Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) sendiri berdasarkan sejarahnya diilhami dari perjuangan Mangkunegoro VII (1916- 1944) yang mendirikan Solosche Radio Vereeniging (SRV) sebagai lembaga penyiaran radio pertama yang dimiliki oleh kalangan pribumi pada tanggal 1 April 1933.

 

SRV ketika itu sangat berperan penting menjadi media perjuangan politik dan kebudayaan masyarakat di tanah air melalui siaran yang merepresentasikan jati diri bangsa Indonesia.

 

Untuk menghormati sejarah perjuangan tersebut, Pemerintah Indonesia kemudian secara resmi menetapkan tanggal 1 April sebagai Hari Penyiaran Nasional (Hasiarnas) melalui Keputusan Presiden (Kepres) nomor 9 Tahun 2019.

 

Jurnalis: JAM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *