oleh

Peringati Bulan Pancasila, Kemendikbudristek Gelar Lomba Kerlap

JAKARTA, BNBABEL.COM – Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Lomba Kreasi Lagu Pelajar Pancasila (Kerlap).

Lomba dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ini bertujuan untuk menggali kreativitas para siswa dan mahasiswa dalam rangka menjungung tinggi nilai luhur Pancasila.

“Lomba Kerlap merupakan sarana para siswa dan mahasiswa untuk dapat membumikan nilai karakter yang tertulis dalam lirik lagu Pelajar Pancasila dari setiap hasil karya mereka,” ujar Kepala Pusat Penguatan Karakter, Kemendikbudristek Hendraman, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (01/06/2021).

Nilai Pancasila merupakan sumber dari pendidikan karakter bagi anak-anak Indonesia. Nilai tersebut harus terus dijiwai oleh para generasi muda dengan berbagai cara. Salah satu buktinya adalah Lagu Pelajar Pancasila.

Hendarman menjelaskan bahwa lagu ciptaan Eka Gustiwana yang dinyanyikan oleh Kikan itu adalah karya yang lahir sebagai wujud nyata generasi muda untuk mengharumkan nama bangsa.

“Mari kita berpartisipasi mengikuti lomba Kerlap sebagai ajang menampilkan kreativitas dan mengasah rasa cinta kita terhadap Pancasila, dasar negara kita,” imbaunya.

Lomba Kerlap diselenggarakan sesuai dengan jenjang pendidikan.

Lomba ini terdiri dari berbagai kategori, yaitu lomba gerak lagu untuk jenjang PAUD/PAUDLB/RA/SILN jenjang PAUD serta lomba cover lagu untuk jenjang SD/MI/SDLB/SMP/MTs/SMPLB/SMA/MA/SMALB/SMK/SMKLB/sederajat, SILN dan perguruan tinggi.

Para peserta akan memperebutkan hadiah menarik senilai total Rp 200 juta dan sertifikat elektronik.

Selain itu, ada pula lomba video klip animasi untuk jenjang SMA/MA/SMALB/SMK/SMKLB/sederajat, SILN SMA, dan Perguruan tinggi.

Lainnya adalah lomba cover lagu kategori band untuk jenjang SMA/MA/SMALB/SMK/SMKLB, SILN dan perguruan tinggi.

Tak ketinggalan, lomba musik duet TikTok untuk jenjang SMP/SMPLB/MTS/SMA/SMALB/MA/SMK/SMKLB/sederajat, SILN, dan perguruan tinggi.

Lomba Kerlap berlangsung selama bulan Juni dan para peserta dapat mengirimkan karyanya mulai tanggal 1 hingga 30 Juni 2021. Para pemenang akan diumumkan pada tanggal 10 Juli 2021.

Berdasarkan siaran pers yang dikirimkan Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, syarat dan ketentuan lomba dapat diperoleh di laman resmi Puspeka Kemendikbud, yaitu https://cerdasberkarkter.kemdikbud.go.id.

Peserta dapat melakukan pendaftaran melalui bit.ly/kerlap2021. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Tika di nomor 08111388940 dan Echi 085697777058. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *