oleh

Pemprov Miliki Kewajiban Fasilitasi LAM NSS

PANGKALPIANG, BNBABEL COM-Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora) Provinsi Bangka Belitung (Babel) membahas persiapan Musyawarah Akbar Lembaga Adat Melayu Negeri Serumpun Sebalai (LAM NSS) Babel.

Pertemuan diadakan di ruang rapat Disparbudkepora Babel Kamis (15/07/2021) itu, dipimpin langsung Engkus Kuswenda Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disparbudkepora Babel.

Menurut Engkus, Rencana Musyawarah Akbar LAM NSS Babel sejogyanya di tahun 2020 lalu, tetapi karena adanya Pandemi Covid-19 dan Refocusing anggaran, sehingga semua anggaran yang ada di Bidang Kebudayaan tahun 2020 dihapus semua.

“Alhamdulillah, tahun 2021 ini walaupun masih dalam kondisi Pandemi Covid-19 masih mengkhawatirkan bahkan terus meningkat kegiatan ini akan kita laksanakan, dalam rangka pembinaan Lembaga Adat yang anggotanya dari lintas Kabupaten dan kota,” ujarnya.

Pemprov Babel, lanjut dia, memiliki kewajiban untuk memfasilitasi LAM NSS Babel dengan Protokol Kesehatan tentunya.

Semoga, diharapkannya, Musyawarah Akbar LAM NSS Babel tahun 2021 ini dapat berjalan dengan baik. Pemprov Babel dalam hal ini Disparbudkepora Babel akan memfasilitasi kegiatan Musyawarah Akbar ini, sehingga benar-benar sukses menjadi Musyawarah Akbar yang tujuannya untuk menetapkan AD/ART LAM NSS Babel untuk yang pertama kalinya.

Ketua LAM NSS Babel diwakili Akhmad Elvian Sekretaris LAM NSS Babel menyampaikan 2 agenda yang akan dibahas dalam kegiatan Musyawarah Akbar LAM NSS Babel tahun 2021, yaitu Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) LAM NSS Babel.

“Acara Musyawarah Akbar LAM NSS akan dilaksanakan tanggal 28 – 29 Juli 2021 di Pangkalpinang. Pembukaan acara di Gedung Mahligai Rumah Dinas (Rumdin) Gubernur. Kita memohon dengan hormat kepada Gubernur untuk membuka sekaligus memberikan Petuah di acara pembukaan tersebut,” Pinta Elvian.

Menurut Akhmad Elvian bahwa masyarakat adat dan komunitas adat di Mapur merupakan salah satu komunitas adat yang ada di Pulau Bangka Babel yang masih mempertahankan adat istiadat serta nilai-nilai budaya dalam seluruh aspek kehidupannya.

“Kita berharap dengan kita datang ke lembaga adat Mapur, ada semacam Support atau dukungan semangat kepada masyarakat adat Mapur untuk lebih giat lagi mempertahankan,mengembangkan dan memanfaatkan adat istiadat dalam kehidupan kesehariannya” ucap Akhmad Elvian dengan lugas.

Sulfa Kalsum Kepala Seksi Kebudayaan dan Kesenian Tradisional Disparbudkepora Babel juga selaku Pimpinan Kegiatan Musyawarah Akbar LAM NSS Babel tahun 2021 mengatakan, Kegiatan ini akan diadakan di dua tempat.

Pembukaan di Gedung Mahligai Rumdin Gubernur, dan Musyawarah akan dilanjutkan di Hotel Cordela Pangkalpinang. Tanggal 29 Juli bersama rombongan akan berkunjung ke Masyarakat Adat Mapur di Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka.

Pembahasan Musyawarah tersebut turut dihadiri sejumlah anggota LAM NSS Babel, Dwi Haryadi dan Isnawati Hadi serta Staf Bidang Kebudayaan Disparbudkepora Babel. (rz/mun).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *