oleh

Pemilihan Duta Bahasa Bangka Belitung Dapat Memicu Lingkungan Literasi Yang Sehat

PANGKALPINANG, BNBABEL.COM-Belum lama ini, Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi menjadi juri pada acara pemilihan duta bahasa Bangka Belitung tahun 2021 di Hotel Bangka City, Sabtu (27/03/2021).

Melati Erzaldi menyampaikan, Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diyakini dapat memicu lingkungan literasi yang sehat dan dapat mewujudkan ‘Trigata Bangun Bahasa’ yaitu, mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing.

“Hasil dari acara ini diharapkan bisa memicu eksistensi bahasa Indonesia melalui sosialisasi yang baik. Karenanya tugas Duta Bahasa ke depan sangat berat. Mereka harus mampu menyosialisasikan pentingnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik di dalam lingkungan, tanpa melupakan bahasa daerah dan tetap bisa menguasai bahasa asing,” ungkapnya.

Melati Erzaldi merasa Duta Bahasa Babel yang terpilih memang berkualitas, karena bobot pertanyaan yang cukup berat dan seleksi yang ketat.

“Seleksinya ketat, bahkan saya salut dengan para panitia, mereka sangat memahami karakter dari para finalis. Harapannya, Duta Bahasa Provinsi Bangka Belitung yang menjadi perwakilan di ajang nasional dapat meraih predikat terbaik,” jelasnya.

Diketahui para finalis dipilih melalui berbagai rangkaian seperti pemberkasan, tes tertulis, wawancara, advokasi diri, pementasan seni, dan santiaji berupa,

1. Pemanfaatan media sosial, kebahasaan, dan tes uji kemahiran berbahasa Indonesia;

2. Penilaian dan materi wirausaha literasi, bahasa Inggris, sastra daerah, tugas dan fungsi sebagai duta bahasa;

3. Penilaian dan materi teknik penulisan esai, kebudayaan, dan pengembangan diri;

4. Materi dan penilaian monolog 4 bahasa, wawancara mendalam, dan krida (program kerja yang akan diimplementasikan oleh para Duta Bahasa dalam kehidupan bermasyarakat).

Berikut daftar pemenang yang berhasil menjadi Duta Bahasa Provinsi Babel Tahun 2021.
Pemenang I : Aryo Dwi Pangga dan Nadya Elmelda Sari.
Pemenang II : Darus Madi dan Merinda.
Pemenang III : Muhammad Maulana dan Tri Ratih Puspa Sari.
Pemenang IV : Jihad Muammar dan Nurul Fauziyah.
Pemenang V : Meydi Ariandi dan Andini Karolita.

Acara dihadiri Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Kemendikbud RI, Muh. Abdul Khak, Kepala kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung, Yani Paryono, Kepala Dinas Kearsiapan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Asraf Suryadin; Ketua Bhayangkari Daerah Bangka Belitung, Nina Anang Syarif Hidayat; Budayawan, Yan Megawandi; dan Praktisi Wicara Publik, Emil Via Sari. (rz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *