oleh

Pelatihan Vertical Rescue Tingkat Nasional di Babel ini Harapan Wagub Abdul Fatah

PANGKALPIANG, BNBABEL.COM-“Dimasa pandemi Covid-19 yang sedang meningkat khususnya di Provinsi Bangka Belitung (Babel), Universitas Bangka Belitung (UBB) bekerja sama dengan Pemprov Babel menggelar pembukaan Pelatihan Vertical Rescue Tingkat Nasional Tahun 2021, bertempat di Gelanggang Olahraga (GOR) Sahabudin Pangkalpinang, Babel.

Pelatihan Vertical Rescue (PVR) Senin (26/7/2021) yang melibatkan mahasiswa pencinta alam dan komunitas pencinta alam itu, dibuka langsung Wakil Gubernur (Wagub) Babel Abdul Fatah.

Hadir Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora) Babel Suharto, Wakil Rektor UBB Nizwan Zuchri, Kepala BPBD Babel Mikron Antariksa serta seluruh peserta PVR sebanyak 35 orang.

Wagub Abdul Fatah mengatakan, Pelatihan Vertical Rescue Tingkat Nasional ini memiliki respon sangat tinggi didalam situasi pandemi covid-19 yang melanda Indonesia saat ini. Namun kegiatan yang melibatkan banyak orang ini tetap mengedepankan protokol kesehatan yang sangat ketat.

‘’Kegiatan ini bukan tanpa strategi, sebelum kegiatan dimulai seluruh peserta telah di tes PCR, nanti peserta akan melaksanakan kegiatan di Pangkalpinang dan Bangka Tengah, daerah itu hari ini melaksanakan PPKM namun masih level 3, dan kami mengizinkannya untuk digelar,” kata Wagub Abdul Fatah usai acara pembuakan.

Lanjut Wagub, apabila ada pelanggaran terkait protokol kesehatan selama pelatihan, pihaknya melalui BPBD tidak segan-segan untuk memberhentikan pelaksanaan kegiatan PVR ini.

‘’Saya sudah perintahkan Kepala BPBD untuk menindak tegas bagi peserta dan panitia untuk disiplin mematuhui prokes, apabila ada yang melanggar berhentikan saja,” tegas Wagub.

Dirinya berharap dengan adanya kegitan ini, ke depan Pemprov Babel bersama masyarakat dan mahasiswa selalu untuk bersama-sama dalam berperan menanggulangi bencana.

‘’Apabila semua sudah tergabung dalam satu payung, gerak dan satu arah yang sama, saya yakin kita bisa meminimalisasi pelaksanaan penyelamatan dengan sedemikian rupa,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Disparbudkepora Babel Suharto sangat mendukung dan mengapresiasi Pelatihan Vertical Rescue yang diikuti para pemuda-pemuda dari mahasiswa UBB Babel.

‘’Saya sagat salut dengan kepedulian pemuda-pemuda Babel di tengah bangsa ini sedang dilanda wabah masih memikirkan Pemerintah. Kegiatan ini tidak bisa dilaksanakan secara maksimal karena dibatasi 50 orang saja. Namun kegiatan ini saya anggap sukses karena telah mampu mengundang peserta dari luar Babel,” ungkap Suharto.

Kepedulian pemuda pada kegiatan Pelatihan Vertival Rescue tahun 2021 ini, ditambahkan Suharto, sebagai langkah kesiapan jika terjadi sesuatu hal yang akan menimpa masayarakat Babel ke depan.

‘’Daerah Babel sudah ada yang masuk level 4. Artinya dengan kegiatan ini mahasiswa ini telah siap untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin bisa saja bahaya. Pemerintah sangat butuh tenaga adek-adek ini, mereka selalu siap untuk menjadi relawan, sekali lagi saya sangat salut,” lanjut Suharto.

Pelatihan Vertical Rescue Tingkat Nasional Tahun 2021 yang juga merupakan program kerja tahuna UBB ini, berjumlah 35 peserta, dan diikuti peserta dari Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 9 orang, Provisni Bengkulu 1 orang.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari dimulai tanggal 26 sampai 28 Juli 2021. Salah satu pembekalan materi yang akan diberikan terkait penanggulangan bencana, disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemprov Babel. (rz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *