oleh

Para Ketua RT Diharapkan Dapat Menjadi Pendonor Darah, Setiap Bulan, FKRT Sungailiat Bersama KPD dan PMI Bangka Akan Selenggarakan ” Bulan Bakti Donor Darah”

SUNGAILIAT,BNBABEL.COM — ( 18/6) Melihat kondisi Kebutuhan darah untuk Masyarakat Kabupaten Bangka menjadi niatan tersendiri bagi Forum Komunikasi Rukun Tetangga ( FKRT) Sungailiat . FKRT berencana mengadakan penggalangan darah setiap 1 bulan yang nanti akan di kelola PMI Bangka untuk disalurkan ketika dibutuhkan pasien.

di Warkop Begagil, Sungailiat, Bangka pada Jum’ at (18/6) Dengan Tema ” Bulan Bakti Donor Darah FKRT” Agenda ini telah dibicarakan oleh pejabat teras FKRT bersama pembina dari Komunitas Pendonor Darah ( KPD) Bangka.

Hadir dalam pembahasan Agenda tersebut, Ketua FKRT Ikhsan bersama sekretaris Prihatno, Bendahara Oscar Fernando, Pembina FKRT Sumarto ST dan Pembina KPD Bangka Kinoi.

” Kami berfikir Apa yang bisa diperbuat untuk membantu stock darah bagi masyarakat yang sedang membutuhkan. Jadi kami disini ingin membahas dengan pak Kinoi tentang bagaimana mekanisme, rencana dan sinergitas apa saja yang perlu kita lakukan, kami informasikan bahwa di kecamatan Sungailiat ada sekitar 400 RT dari 12 kelurahan dan 1 Desa yang kami harapkan terlibat langsung menjadi pendonor ” Ujar Ketua FKRT Ikhsan membuka pembicaraan mengenai wacana Bulan Bakti Donor Darah FKRT.

Sekretaris FKRT, Prihatno melanjutkan pembicaraan mengenai dasar pemikiran, rencana dan target FKRT menyelenggarakan agenda ini.

” Di Kecamatan Sungailiat saja sampai terbersit satu program kemanusiaan, Hal ini ingin kami laksanakan karena FKRT akan mendukung penuh anggaran yang dibutuhkan. kami sudah menyepakati tema kegiatan yaitu ” Bulan Bakti Donor Darah oleh FKRT” Bekerja Sama Dengan PMI dan KPD yang kami rencanakan akan di selenggarakan setiap bulan di setiap Kelurahan yang berada di Kecamatan Sungailiat secara bergantian,” Jelas Sekretaris FKRT. Prihatno

Prihatno mengungkapkan target rencana penggalangan darah yang pertama adalah daerah Sinar Baru yang akan melibatkan langsung 7 orang RT, selanjutnya apabila sinergitas rencana antara FKRT, KPD dan PMI Bangka sudah dimatangkan, pihak penyelenggara akan menemui lurah Sinar Baru untuk membahas rekomendasi, rencana dan kesepakatan kegiatan.

Selanjutnya Pembina KPD Bangka, Kinoi menyampaikan apresiasi dan kesiapan KPD untuk berkerja sama membantu mensukseskan Agenda Kemanusiaan Bulan Bakti Donor Darah FKRT. Dikatakan Kinoi soal perizinan dan tenaga kesehatan dari pihak PMI Bangka akan segera dibicarakan.

KPD berharap melalui Bulan Bakti Donor Darah FKRT dapat menjaring para pendonor baru diluar data base pendonor tetap. Selain itu, kerja sama dalam hal memenuhi stock darah akan lebih maksimal karena para RT yang memang adalah stake holder KPD selama ini akan lebih aktif memberikan peran.

” Kalau kami mengenai ide dan gagasan sangat mengapresiasi, tapi yang menjadi urgensi adalah pendonor baru yang bersedia mendonorkan darah, kalau yang rutin kami sudah punya data base sekitar 1000 pendonor tetap, biasanya per kegiatan kita minimal bisa serap 20 orang yang harapan nya adalah pendonor baru. Tinggal kita bersama dengan PMI dan anggota KPD mematangkan rencana” Ujar Kinoi menyambut pembicaraan.

” Nah kalau ada paket sembako yang disiapkan FKRT untuk para pendonor baru, menurut saya adalah ide yang bagus kami pun sudah pernah mengapresiasi pendonor dengan hal yang sama dengan memberikan apresiasi berupa paket beras senilai 50 ribu” tambahnya.

Disampaikan Kinoi bahwa setiap kegiatan donor darah, Pihak PMI Bangka biasanya juga memberikan paket kepada pendonor seperti Sari kacang hijau, vitamin penambah darah, air mineral dan Snack.

Sementara Pembina FKRT Sumarto ST menutup pembicaraan dengan memberikan masukan untuk segera mungkin membahas rencana tersebut ke pihak kelurahan Sinar Baru. Sumarto mengingatkan tujuan utama kegiatan ini adalah untuk kemanusiaan.

” Ini harus direncanakan dengan baik yang utama FKRT segera berkomunikasi dengan pihak kelurahan agar ada suatu kepastian rencana untuk mencari calon pendonor dan Terget sosial yang kita harapkan, apalagi ini kita sistemnya jemput bola di kelurahan tempat para calon pendonor itu sendiri. Kami tidak mencari nama tapi untuk kemanusiaan” Ujar Sumarto, ST.

Penulis : IR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *