oleh

Panen Sayur Hidroponik, Bupati Bangka Harap Masyarakat Manfaatkan Lahan Yang Ada

SUNGAILIAT, BNBABEL.COM – Bupati Bangka Mulkan SH MH melakukan panen sayuran hidroponik di Kebun Hidroponik Bangka Setara, Sungailiat, Bangka, Senin (8/3/2021).

Sayuran yang di panen oleh Bupati diantaranya adalah sawi manis, sawi pagoda, pokcoy dan bayam Brazil. Setelah melakukan panen, Mulkan menyampaikan melalui panen raya itu diharapkan dapat menjadi contoh untuk masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan pekarangan. Menurutnya, penanaman dengan sistem hidroponik lebih efisien serta mudah dalam perawatan.

“Penanaman ini contoh bagi masyarakat agar kedepan lebih tertarik untuk menanam sayur walaupun dengan lahan yang sempit. Sayur yang ditanam dengan sistem hidroponik ini masa panennya lebih cepat, selain itu juga lebih menyehatkan,” tuturnya.

Ia menyebutkan jika pemerintah Kabupaten Bangka telah memanfaatkan beberapa lahan kosong untuk ditanami sayur. Salah satu lahan yang saat ini dimanfaatkan ialah sekitar kantor bupati lama yang ditanami jagung dan kacang tanah.

Kebun hidroponik yang dibangun tahun 2019 itu sebagai contoh budidaya sayur di tengah kota, yang juga dimanfaatkan sebagai tempat belajar penanaman teknik hidroponik.

Sementara itu, Kepala Pengurus Kebun Hidroponik Bangka Setara, Dodi menuturkan jika telah memiliki sebanyak 1.700 lubang tanam dan 400 lubang persemaian. Dirinya akan akan terus meningkatkan jumlah jumlah tanam untuk memenuhi kebutuhan pesanan yang semakin banyak.

“Saat ini permintaan sayur hidroponik semakin banyak, ada beberapa restauran di Sungailiat yang memesan kesini. Sebelumnya masyarakat harus memesan di luar Sungailiat, tapi sekarang kita sudah bisa memproduksinya sendiri,” pungkasnya.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *