oleh

Optimisme Pengurus HKTI Bangka Usai Rapat pleno, Percepat Bentuk Pengurus Kecamatan dan Desa

SUNGAILIAT ,BANGKA,BNBABEL.COM -Bertempat di Sekretariat HKTI Bangka, Kenanga, Sungailiat, Bangka ( 29/4) Di Selenggarakan Rapat Pleno Dewan Pengurus Cabang ( DPC ) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI) Kabupaten Bangka.

Rapat Pleno tersebut memiliki agenda utama yakni, pembahasan dan penetapan Reshuffle Pengurus HKTI Bangka Yang diamanatkan kepada Indra atau yang akrab di sapa Afuk untuk menahkodai posisi Ketum DPC HKTI Bangka.

Selain itu, agenda lain adalah arahan dari ketua yang baru menjabat untuk program program HKTI Bangka kedepan.

Kepada BNBABEL.COM – Afuk menjelaskan bahwa dirinya dari posisi wakil ketua 1 telah diangkat menjadi Ketua Umum DPC HKTI Kabupaten Bangka, dari itu dirinya sangat optimis bahwa Kepengurusan yang baru akan dapat menjaga Marwah organisasi, berkiprah aktif membangun pertanian Kabupaten Bangka, serta bermitra baik dengan petani dan pemerintahan Bangka Setara.

” Sebelumya saya di wakil ketua 1 sekarang di angkat sebagai ketua sesuai AD / ART, Puji Syukur hari ini kita Rapat Pleno dihadiri Sekretaris, wakil ketua dan pengurus juga sekretaris DPD, Kami optimis kedepan dengan bermitra baik bersama pemerintah akan memperjuangkan hak masyarakat tani dengan cara membentuk pengurus kecamatan sampai tingkat desa sehingga program dan arahan DPD melalui rapat – rapat pengurus akan terorganisir dan berorientasi hasil sebesar besarnya untuk kemakmuran petani Bangka” Jelas Afuk.

Optimisme juga senada diutarakan wakil ketua 1 HKTI Bangka, Khusni.
Dirinya menjelaskan bahwa HKTI Bangka akan sangat eksis memperjuangkan hak masyarakat tani khususnya dalam hal pengelolaan lahan yang berkaitan dengan regulasi Agraria dan permasalahannya.

” Alhamdulilah sampai saat ini kami sejauh ini dapat bermitra dan bekerja sama dengan baik sesama Pengurus, kedepan kami sangat optimis HKTI di bangka akan memenuhi eksistensi dalam hal memperjuangkan hak petani. hari ini saya melihat ada semacam degradasi yang dialami petani khususnya dalam hal kepemilikan lahan, nah ini fokus juga yang akan kami perjuangkan, karena sejauh ini banyak kawasan yang dikelola petani menyangkut hajat hidup orang banyak tetapi belum ada regulasi dan pelimpahan kewenangan terhadap masyarakat tani itu sendiri” Jelas Khusni.

Sementara itu figure Nuskan yang kini dipercaya menjabat sebagai Sekretaris DPC HNSI Bangka, menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan jemput bola dalam hal membentuk pengurus Kecamatan dan Desa.

” Alhamdulillah saya dipercaya DPD dan kawan- kawan pengurus menjabat sebagai sekretaris, kedepan kita akan lebih baik bekerjasama antar pengurus seizin ketua akan berbenah dengan cara jemput bola membentuk kepengurusan kecamatan sampai ke tiap desa di Kabupaten Bangka. Melalui Kepengurusan sampai kebawah inilah kita akan transformasikan program selain yang sudah disampaikan adalah dengan cara melakukan kerjasama dengan pihak pemerintah dan pihak ke – 3″ ,Ujar Nuskan.

Diketahui bahwa Nuskan Sekretaris HKTI Bangka sempat menjabat sebagai anggota DPRD Bangka 2 periode dalam kurun waktu 2009 – 2019.
Disampaikan Nuskan bahwa pengalamannya di kedewanan sempat berada di komisi 2 yang membidangi pertanian.
Menurutnya permasalahan di tingkat petani adalah pendampingan penuh dan kerataan dalam menerima perogram serta batuan Stake Holder.

” Ya betul pak, saya di kedewanan 2 periode, di periode ke dua salah satunya saat membidangi pertanian, disitu saya rasa permasalahan yang di hadapi petani adalah pendampingan dan kerataan di dalam menerima bantuan pemerintah.
Untuk itu kami pengurus HKTI akan turut fokus kesitu misalnya saya contohkan para petani ini akan kami transformasikan melalui jaringan pengurus kecamatan dan desa untuk program jahe yang sudah MOU dengan Stake Holder.
Disitu petani akan kami dampingi sampai berhasil. Dan akan kami usahakan betul tahap demi tahap untuk kerataan petani yang bersedia bekerja sama. Programnya sangat terstruktur” , Optimis Nuskan.

Sedangkan Sekretaris DPD HKTI Bangka Belitung Jauhari menghadiri undangan rapat pleno menyampaikan bahwa pihak DPD HKTI Bangka Belitung sangat mengenal figur petani dari kepengurusan Indra Afuk.

” Saya disini atas seizin ketua DPD dan membawa amanah reshufle kepungurusan DPC kabupaten Bangka Yang baru.
Alhamdulilah kepengurusan baru sudah terbentuk, saya ucapakan terima kasih karena juga sekaligus diadakan buka puasa bersama oleh pak Afuk dan para pengurus.
Kami mengetahui orang – orang ini semuanya terpilih semua, punya ke pemahaman dan kehandalan praktisi di dunia pertanian” Papar Jauhari.

Menginjak usia 48 tahun HKTI Nasional, DPD HKTI Bangka Belitung optimis Kepengurusan HKTI Bangka Akan menegakan Marwah organisasi.

” Kami optimis di Usia HKTI ke – 48 tepat di bulan ini ulang tahun HKTI, bahwa Kepengurusan HKTI Kabupaten Bangka akan menjadi contoh dari Kepengurusan HKTI.
Kami harap di Bangka induk dengan Kepengurusan HKTI yang handal Marwah HKTI akan semakin tegak” ,optimis Jauhari.

PENULIS : IR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *