oleh

Optimalkan Industri Perikanan di Wilayah Timur Indonesia, ‘Ambon New Port’ Siap Dibangun Tahun Ini.

Maluku, BNBABEL.COM — Sejumlah pelaku usaha perikanan di Kota Ambon mengadakan dialog terbuka dengan Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke provinsi Maluku ,Kamis (25/03).

Dalam dialog tersebut, para pelaku usaha perikanan setempat menyampaikan kondisi terkini sektor perikanan di Maluku, salah satunya mengenai Pelabuhan Yos Sudarso yang telah mencapai kapasitas maksimum, dan masalah lain yang membutuhkan pengembangan dan perhatian dari pemerintah pusat.

“Masih pagi benar di Kota Ambon, saya datang ke Pelabuhan Yos Sudarso. Belum pukul tujuh pagi. Saya melihat dari dekat pelabuhan di Kecamatan Sirimau yang melayani pelayaran kapal peti kemas dan penumpang itu,” ucap Jokowi dalam keterangannya di laman Facebook ‘Presiden Joko Widodo’.

Untuk meningkatkan optimalitas industri perikanan di provinsi itu, Jokowi mengatakan kalau pemerintah telah berencana membangun ‘Ambon New Port’.

Dalam perencanaannya, luas pelabuhan itu kurang lebih 700 hektar yang di dalamnya terintegrasi dengan pelabuhan logistik, pelabuhan perikanan, sekaligus industri perikanan.

Pelabuhan baru dengan konsep pelabuhan terintegrasi itu akan menjadi pusat pertumbuhan industri pengolahan ikan dan konsolidasi kargo dari wilayah Indonesia Timur.

“Pembangunan Ambon New Port akan dimulai tahun ini dan jika lancar, kita harapkan dalam dua tahun bisa selesai,” tutup Jokowi.(JAM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *