oleh

Musyawarah Karang Taruna Seroja Kelurahan Sinar Jaya – Jelutung Tahun 2021

SUNGAILIAT, BNBABEL.COM – Berdiri sejak Tahun 2019, Karang Taruna Seroja Kelurahan Sinar Jaya ( Sinjay) – Jelutung pada Sabtu, 28 Agustus 2021 melaksanakan musyawarah tahunan yang mereka laksanakan di Balai pertemuan Lingkungan Bideng Ake, Sinjay Jelutung, Sungailiat, Bangka.

Musyawarah tahunan ini dihadiri oleh Ketua Karang Taruna Seroja Rizki Dwi Septianto bersama pengurus dan anggota, 4 Orang Kaling dari 4 Lingkungan Kelurahan Sinjay – Jelutung, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bangka Ujang Suprianto & Lurah Sinjay – Jelutung Siska Andriani S.IP sekaligus menjadi narasumber kegiatan.

Musyawarah ini mengangkat tema ” Melalui Karang Taruna Seroja Kita Tingkatkan Peran Pemuda Dalam Pemberdayaan SDM dan Menjaga Kondusifitas Masyarakat Di Kelurahan Sinjay – Jelutung”.

” Alhamdulilah hari ini kita sudah menyelenggarakan musyawarah tahunan Karang Taruna Seroja dengan di hadiri oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten dan Ibu Lurah Sinjay – Jelutung sekaligus sebagai Nara sumber dalam agenda rutin tahunan kita ini” Ujar Ketua Karang Taruna Seroja, Rizki Dwi Septianto.

Dikatakan Rizki, musyawarah ini membahas tuntas seputar peran dan komitmen pengurus & anggota karang Taruna Seroja untuk melaksanakan berbagai kegiatan kedepannya dengan bersinergi bersama Pihak kelurahan, Aparatur Lingkungan dan Stake holder lainnnya, terutama untuk mencapai tujuan kondusifitas Masyarakat dan pembangunan SDM melalui program – program yang telah dirancang, dirintis ataupun yang telah berjalan.

Turut pula dibahas mendetail soal program rintisan Karang Taruna Seroja yakni di sektor Agribisnis yang akan di fokuskan kedepannya.

Karang Taruna Seroja telah menggagas Pembentukan Kelompok Petani Hutan ( KPH) untuk mengola hutan sebagai kebun sayur – mayur atau pertanian jangka pendek, diharapkan perogram ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat seperti kemandirian kerja, pemulihan ekonomi dan kreatifitas usaha, dan mendukung Program Pemerintah yakni Ketahanan Nasional di Masa Pandemi Covid – 19.

“Semoga program di sektor Agri Bisnis ini dapat mendukung program Ketahanan Nasional untuk memulihkan perekonomian masyarakat dan tentunya Karang Taruna dapat turut membentuk ekosistem kemasyarakatan yang positif terutama perekonomian & Kamtibmas” Ujar Rizki.

Kasro, selaku Kaling Bideng Ake mengucapkan terima kasih terhadap seluruh pihak terkait atas terselenggaranya Musyawarah Tahunan Karang Taruna “Seroja” di lingkungannya.

Menurut kasro, 4 Kepala Lingkungan yang ada di Sinjay – Jelutung sangat mendukung setiap program karang Taruna Seroja terutama dalam hal membantu menangani covid – 19 seperti pembagian masker ke masjid – masjid & informasi masyarakat soal instrumen Covid – 19.

“Kami Aparatur Lingkungan Bideng Ake bangga, balai kami dapat dijadikan tempat Musyawarah Karang Taruna Kelurahan. Untuk 4 Kaling, Bu lurah dan seluruh yang hadir saya ucapkan terima kasih, kami para kaling sangat mendukung kegiatan karang taruna sejak tahun 2019 berdiri. karang Taruna sangat sering sekali membantu masyarakat menghadapi Pandemi Covid – 19 disini” Jelas Kasro.

Sedangkan Lurah Sinjay Jelutung Siska Andriani S, IP mengatakaan sinergitas antara Pihak Kelurahan dan Karang Taruna telah berjalan berjalan sangat baik sejak 2019.

Menjadi undangan dan salah satu narasumber bersama Ketua Karang Taruna Kabupaten Bangka Ujang Suprianto, Siska Andriani berharap kerja sama dapat terus ditingkatkan untuk membantu masyarakat di Sinjay – Jelutung terutama transformasi informasi dan Perogram KPH.

” Alhamdulillah kegiatan musyawarah ini berjalan baik namun undangan terbatas karena mematuhi protokol kegiatan Covid – 19, Sejak Tahun 2019 sudah terjalin sinergitas yang baik antara lingkungan, Kelurahan dan karang Taruna yang diketuai pak Rizki, ada point kesepakatan yang kami dengarkan tadi antara Ketua Karang Taruna Seroja dan ketua Karang Taruna Kabupaten Bangka terpilih yakni pak Ujang untuk menghidupkan kembali eksistensi Karang Taruna Kabupaten Bangka” Ujar Lurah Sinjay – Jelutung.

” Selain ibu – ibu PKK, karang taruna sangat berperan dalam hal mentransformasikan perkembangan dan kebijakan Covid – 19 ke masyarakat, karena keterbatasan sosial adek – adek Pemuda Karang taruna Seroja sangat membantu kami menyampaikan info kemasyarakat. Ada rintisan kegiatan kedepan yakni usaha mandiri di bidang pertanian itu rencananya akan dilaksanakan di Lingkungan Ake, semoga dapat berjalan dan sukses” Harap Siska Andriani SIP.

Penulis : IR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *