Momentum Peringatan HKG PKK ke-51, Maya Suganda Pasaribu Canangkan 3 Gebrakan Berantas Stunting di Babel

by admin
2 minutes read
Momentum Peringatan HKG PKK ke-51, Maya Suganda Pasaribu Canangkan 3 Gebrakan Berantas Stunting di Babel

MEDAN, BNBABEL.COM — Perayaan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 diselenggarakan di Convention Hall Santika Premiere Dyandra Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (17/5) dengan dihadiri langsung Pelindung Utama TP-PKK Iriana Joko Widodo bersama Wury Ma’ruf Amin, Ketua Umum TP-PKK Pusat Tri Tito Karnavian, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dan diikuti TP-PKK Pusat, Provinsi, dan Kabupaten se-Indonesia.

Mengusung tema “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Mewujudkan Indonesia tumbuh,” Ketua Umum TP-PKK Pusat Tri Tito Karnavian mengemukakan untuk mewujudkan keluarga sejahtera dan tangguh menuju Indonesia tumbuh salah satunya dengan memberantas stunting.

Oleh karena itu, pada peringatan kali ini TP PKK Pusat melaunching program Keluarga Indonesia Bebas Stunting (KIBAS).

Pada kesempatan tersebut, Tri Tito Karnavian berharap seluruh TP PKK dapat berinovasi membuat program penurunan stunting di wilayahnya.

“Momen ini menjadi wadah bagi seluruh TP PKK untuk bersinergi memantapkan program dan mengimplementaikannya di daerah,” ujarnya.

Sejalan dengan program pusat, Maya Suganda Pasaribu, Pj. Ketua TP PKK Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengungkapkan pihaknya telah mengelurkan Surat Edaran (SE) guna memberantas stunting di Babel.

Adapun 3 gebrakan yang disampaikan Pj. Ketua TP PKK Maya yakni Dapur Gizi, Gerakan Bawang Secanting, dan Mantul SeHati.

“Dapur Gizi sendiri itu nama simbolis yang merupakan wadah masyarakat mendiskusikan dan merumuskan hal-hal yang dianggap perlu dilakukan dalam rangka percepatan penurunan stunting tingkat desa/kelurahan yang akan menghasilkan kebijakan/peraturan, program/kegiatan, rencana pendanaan, edukasi/penyuluhan/sosialisasi. Sementara Gerakan Bawang Secanting merupakan singkatan dari Gerakan memBAWa balita untuk ditimbANG SEbagai upaya CegAh stunting,” ujarnya saat diwawancara.

“Terakhir Mantul SeHati yang merupakan singkatan dari MAkan Ikan dan TeLUr SEtiap hari agar seHAT bergizi, sebagai tagline promosi secara rutin bagi masyarakat untuk pemberian asupan makanan dengan kandungan protein tinggi, termasuk edukasi cara pengolahan makanan yang menarik untuk dikonsumsi oleh balita dan keluarga,” sambungnya.

Untuk itu dirinya berharap agar kader-kader PKK Babel bisa bersinergi dan berkolaborasi dalam mengimplementasikan program di wilayahnya masing-masing. (Julian/Rd)

You may also like

Leave a Comment