oleh

Mimpi Warga Kulur Terwujud, PT Timah Tbk Serahkan Satu Unit Mobil Ambulance untuk Pemdes Kulur

BANGKATENGAH, BNBABEL.COM — PT Timah Tbk menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulance kepada Pemerintah Desa Kulur, Kamis (11/11/2021).

Mobil Ambulance ini diserahkan oleh Direktur SDM PT Timah Tbk,

Muhammad Rizki yang turut dihadiri Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, Camat Lubuk, Herfian, Kepala Desa Kulur Ahmad Yani, beserta masyarakat Desa Kulur.
Bantuan satu unit Ambulance ini merupakan rangkaian dari Charity Week MIND ID dalam rangka HUT ke 4 MIND ID yang jatuh pada 27 November mendatang.

Pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah operasional perusahaan menjadi prioritas PT Timah Tbk. Untuk itulah melalui CSR nya emiten Berkode TINS ini melaksanakan sejumlah program untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Kepala Desa Kulur, Ahmad Yani mengatakan, mereka sangat membutuhkan ambulance untuk mengantarkan masyarakat yang sakit. Selama ini, mereka hanya mengandalkan mobil operasional Desa maupun mobil masyarakat untuk mengantarkan warga yang sakit.

“Sudah lama kami mengharapkan ini, karena selama ini masyarakat yang sakit kalau mendadak itu dibawa pakai mobil desa, sebelum ada mobil desa pakai mobil warga. Kondisinya seadanya, jok dilipat dipakaikan kasur, sangat jauh dari kondisi nyaman apalagi untuk membawa orang sakit,” ungkapnya.

Tak hanya itu, kata Ahmad Yani, karena hanya menggunakan mobil biasa tak jarang mereka juga tidak mendapatkan prioritas di jalan padahal kondisinya sangat genting.

Ia menyebutkan, dalam sepekan paling tidak mereka membawa lebih dari 10 orang untuk berobat ke luar desa.
Dijelaskan Ahmad Yani, saat ini ada sekitar 200 warga Desa Kulur yang sedang sakit.

“Kami tidak punya puskesmas, yang ada hanya Polindes. Kalau mau ke Puskesmaz 7 kilo jaraknya dari sini. Tapi kadang kami ke Rumah Sakit Umum Bangka Tengah, kadang ke Pangkalpinang.

Makanya kami sangat membutuhkan ambulance kalau tidak cepat dibawa bisa berbahaya ini kan menyangkut keselamatan orang,” sebut Ahmad Yani.

Untuk itu, dirinya bersyukur dengan adanya bantuan mobil ambulance dari PT Timah, selain mempermudah ini juga membantu masyatakat secara ekonomi.

“Kadang warga kami harus rental mobil, itupun biayanya lumayan. Dengan adanya mobil ambulance ini warga tidak rental mobil lagi, fasilitas pertolongan pertama seperti ambulance itu sudah ada semua. Terimaksih PT Timah Tbk ini sangat membantu masyarakat kami, karena ini memang keinginan warga kami,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengapresiasi PT Timah Tbk yang tak henti-hentinya membantu masyarakat Bangka Tengah melalui CSR nya.

“Alhamdullillah sinergisitas teman-teman dari PT Timah yang telah membantu masyarakt di desa kulur, bukan hanya di sini artinya di beberapa tempat juga sudah dibantu. Ini yang kita harapkan, kehadiran korporasi itu memberikan dampak kepada masyarakat dan ini dibuktikan PT Timah,” ujarnya.

Bupati juga berpesan kepada Pemerintah Desa agar ambulance ini dapat dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga manfaatnya bisa terus dirasakan masyarakat.

“Tugas Pemerintah Desa sekarang merawat, menjaga sehingga mobil ambulance ini terawat dan bisa dipakai lama. Anggarkan di APBDes untuk biaya operasional, perawatan, termasuk sopirnya.

Sehingga ini betul-betul bisa bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.
Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan, PT Timah Tbk terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Selain bantuan ambulance, PT Timah Tbk juga melaksanakan beberapa program seperti Mobil Sehat, layanan vaksinasi bagi masyarakat.

“Penyerahan mobil ambulance ini bagian dari rangkaian charity week MIND ID, bagaiamana kami sebagai anggota Holding Industri Pertambangan terus berkontribusi kepada masyatakat dalam berbagai sektor, salah satunya sektor kesehatan,” tukas Anggi. (*/BN11)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *