oleh

Mesin Upin Ipin Gasak WIUP PT Timah di Parit Padang, Tim Divpam amankan Pasir Timah Ilegal.

BANGKA, BNBABEL.COM — Mesin Upin Ipin menggasak lahan di Air Parit Padang Kelurahan Parit Padang Kecamatan Sungailiat.

Lokasi yang digarap penambang illegal ini tepat berada pada koordinat X: 624572 dan Y: 9791634 DU 1520.
Patroli dan penertiban ini dilakukan personil Tim Divisi Penambangan (Divpam) PT Timah dan jajaran produksi, Jumat (10/12/2021) sekitar pukul 16.20 WIB.

Status lahan yang kena garap penambang illegal ini adalah WIUP PT Timah. Menggunakan Mesin Robin (upin ipin) 8 PK sebanyak 1 unit, pemilik tambang yang merupakan oknum warga berinisial RW beralamat di Jalan Maras Parit Padang, mempekerjakan empat orang.
Selain menggunaan mesin robin, ditemukan juga satu 1 unit alat berat PC mini merek Kobelco di lokasi tambang.

Disebutkan oleh RW bahwa untuk operasional alat berat tersebut dirinya sudah berkoordinasi dengan oknum aparat penegak hukum berinisial Rj. Sedangkan ke empat pekerja, semuanya warga Parit Padang, berinisial AH. AF, AW dan AS.
Setiap hari RW dan keempat anak buahnya bisa menghasilkan pasir timah, yang dijual secara ilegal kepada pengumpul oknum warga Sungailiat.

Menyikapi temuan ini, Tim Wasprod PT Timah Tbk meminta agar pemilik tambang mengurusi perizinan legalitasnya dan menggunakan salah satu CV Mitra PT Timah yang loyal.
Rencananya hari Senin 13 Desember 2021, salah satu penambang ini akan mengurus perizinan SPK ke pihak Wasprod.

Tindakan yang diambil untuk sementara ini, antara lain mengamankan biji timah yang merupakan aset PT Timah ke Pospam, memberikan teguran bahwa mereka bekerja WIUP PT Timah, memerintahkan agar menghentikan aktifitas penambangan sebelum ada izin dari pihak PT Timah.

“Kami juga meminta agar pihak penambang segera mengurus perizinan ke PT Timah. Selain itu juga membuat BAP dan Surat Pernyataan diatas Materai dan dokumentasi,” ujar GM PT Timah Tbk Robertus Bambang Susilo. (BN11)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *